Kabut Asap Makin Tebal, Syahbandar Imbau Nahkoda Hidupkan Alat Navigasi
Oleh : Hadli
Kamis | 10-09-2015 | 15:10 WIB
kabut-asap-sekupang......jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Seluruh nahkoda kapal yang sedang berlayar diimbau menyalakan alat navigasi. Pasalnya, kabut asap kiriman kebakaran di Sumatera daratan sudah semakin menebal dan mengganggu aktivitas. 

"Sejak pagi asap menebal, kami mengimbau agar seluruh alat navigasi diaktifkan," kata Syahbandar Pelabuhan Umum Telaga Punggur, Batam, Edwin Sjafrizal, Kamis (10/9/2015). 

Alat navigasi yang diaktifkan, tambahnya sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadi kecelakaan di laut. Secara kasat mata, tambahnya saat ini jarak pandang sudah semakin terbatas.

"Jika alat navigasi hidup bisa terlihat dari jarak yang lebih jauh. Tentunya dapat mengurangi risiko tabrakan," kata dia.

Meski kondisi kabut asap yang kian menebal, menurut Edwin seluruh pelayaran dari Batam tujuan Tanjungpinang, Batam-Tanjunguban masih berjalan normal. Termasuk tujuan Batam Dabo, Lingga. 

"Tapi nahkoda harus benar-benar mencermati kondisi di tengah laut. Karena bisa saja di tengah laut kabut asap semakin pekat. Jika terjadi sesuatu kami imbau agar segera memberitahukan agar cepat direspons," kata dia.

Editor: Dodo