Kabut Asap Kepung Batam, Kapal Penumpang Tetap Berlayar
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 10-09-2015 | 11:40 WIB
sekupang-kabut-asap.jpg
Kabut tebal menyelimuti perairan Pelabuhan Domestik Sekupang mulai Kamis pagi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Cuaca hari ini, Kamis (10/9/2015), tampak diselimuti kabut asap tebal kiriman dari Sumatera yang sudah mengepung Batam. Kabut asap tebal juga terlihat di kawasan Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS).

"Sejak pagi pukul 06.00 WIB, perairan Kepri khususnya Batam sudah dikepung kabut asap," ujar anggota Syahbandar PDS Aba Eban, Kamis (10/9/2015).

Meskipun demikian, kata Aba, jadwal keberangkatan penumpang pada pagi hari tetap berlayar, tanpa ada sedikitpun penundaan. "Sudah satu minggu lalu perairan dilanda kabut asap. Tapi hari ini paling parah jarak pandang hanya 500 meter," katanya.

Aba menjelaskan jarak pandang di laut diperkirakan sekitar 1 mil lebih dan masih aman bagi pelayaran. Namun apabila jarak pandang di bawah 1 mil, kemungkinan otoritasnya akan menunda keberangkatan kapal.

"Pelayaran baru kita tunda kalau jarak pandang sudah di bawah satu mil atau 500 meter. Kondisi seperti ini sudah tidak aman karena berisiko tabrakan terutama untuk kapal-kapal cepat," ujar Aba.

Meskipun jarak pandang masih normal untuk berlayar pihaknya mengintruksikan kepada kapten kapal untuk menyalakan lampu navigasi, standby radio dan turunkan kecepatan kapal. Tiga faktor itu sangat penting untuk keselamatan para penumpang agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

"Menyalakan lampu navigasi itu sangat penting ketika kabut asap sudah menyelimuti perairan. Agar selalu terlihat benda apa saja yang berada di depan," pungkasnya.

Editor: Dodo