BP Batam Segera Lelang Operator Pelabuhan Batuampar
Oleh : Roni Ginting
Rabu | 09-09-2015 | 17:10 WIB
Gula-3.gif
Bongkar muat di Pelabuhan Batuampar, Batam. Operator pelabuhan ini segera dilelang oleh BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan dermaga utara Pelabuhan Batuampar sepanjang 700 meter sudah selesai November 2014 lalu. Saat ini Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mempersiapkan pelelangan operator pelabuhan.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan pembangunan perluasan dermaga sepanjangan 700 meter sudah selesai, sehingga total dermaga kurang lebih 1 kilometer.

Kapasitas Pelabuhan Batuampar meningkat dari 230 ribu TEU's menjadi 600 ribu TEU's dan diharapkan mampu menampung seluruh peti kemas untuk keperluan domestik maupun ekspor-impor.

"Panjang dermaga saat ini kurang lebih 1 kilometer," kata Purnomo Andiantono, Rabu (9/9/2015).

Ia juga mengatakan, saat ini pihak terkait sedang melaksanakan tahap persiapan pelelangan investasi untuk operator pelabuhan Batuampar yang dapat diikuti oleh peruaahaan swasta maupun BUMN.

"Sekarang sedang tahap persiapan lelang investasi operator pelabuhannya. Pelelangan rencananya akan selesai tahun 2015 ini," katanya.

Sedangkan terkait pembangunan pelabuhan alih kapal Tanjung Sauh, menurut Andiantono saat ini sudah memasuki proses penyiapan dokumen lelang.

"Tanjung Sauh sedang dalam proses penyiapan dokumen lelang investasi," ujarnya.

Proyek dermaga utara dibangun BP Batam sejak 2012 melalui pendanaan multiyears APBN senilai Rp360 miliar dan rampung pada November 2014. Proyek itu dikerjakan emiten konstruksi PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). 

Wika menggarap pekerjaan konstruksi perluasan dermaga yang mencakup dermaga baru sepanjang 670 meter dengan lebar 305 meter. Saat ini panjang dermaga Batuampar mencapai 1.050 meter dari 3.600 meter yang direncanakan.

Editor: Dodo