Asril S Sos Resmi Jabat Kadistako, Gintoyono Jadi Asisten Ekonomi
Oleh : Ahmad Rohmadi
Jum'at | 28-08-2015 | 11:40 WIB
pelantikan-eselon-batam.jpg
Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan melantik para pejabat esolon II, III dan IV di linvkungan Pemko Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setelah melalui seleksi yang panjang, Asril S Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Umum Setdako Batam akhirnya resmi menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Batam usai dilantik Wali Kota Batam Ahmad Dahlan.

Sedangkan Gintoyono Batong yang sebelumnya menjabat sebagai Kadistako Batam kini menjabat sebagai Asisten Ekonomi bidang Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Batam.

Usai melantik para pejabat tersebut, Dahlan menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan hari terakhirnya ia melantik pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam karena menurutnya enam bulan menjelang akhir jabatan seorang kepala daerah dilarang merotasi pegawai.

"Dan ini juga yang pertama Pemko melantik pegawai dari pelelangan jabatan," kata Dahlan, Kamis (27/8/2015) sore.

Namun, Dahlan tidak membeberkan alasannya kenapa pihaknya memilih Asril untuk jabatan Kadistako Batam, meski sebelumnya dia menyatakan walaupun Asril mendapatkan nilai teratas pada panitia seleksi namun yang bersangkutan tidak otomatis menjabat Kadistako.

Dahlan juga tidak mempermasalahkan latar belakang pendidikan Asril yang mempunyai gelar sarjana ilmu sosial dengan jurusan ilmu Administrasi negara. Padahal banyak masyarakat menilai seharusnya jabatan Kadistako diisi oleh orang yang sesuai dengan ilmu di bidangnya.

Selain melantik dua pegawai itu, Wali Kota Batam yang akan habis masa jabatannya pada bulan Februari 2016 tersebut juga merotasi beberapa pejabat eselon II, III dan IV di Pemko Batam.

Acara yang dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB molor panjang sampai pukul 17:00 WIB, dalam sambutannya, Dahlan jelaskan hal itu terjadi karena ada beberapa kendala teknis.

"Dalam merotasi pegawai saya harus hati-hati, saya tidak ingin ada masalah di kemudian hari," jelasnya.

Editor: Dodo