Laporkan ke Kapolri Jika Ada Oknum Polri yang Tak Netral dalam Pilkada
Oleh : Hadli
Jum'at | 28-08-2015 | 08:18 WIB
kapolri-polda-kepri.jpg
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mapolda Kepri, belum lama ini. (Foto: dok/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kepolisian RI, Jenderal Badrodin Haiti, menegaskan, jajaran Polri harus netral dalam pemilihan umum kepala daerah (pemilukada). Jika ada yang mendukung salah satu calon, Badrodin minta agar dilaporkan kepadanya.

"Kalau ada (jajaran Polri) yang mendukung (salah salah satu calon), laporkan ke saya," tegas Badrodin saat akan meninggalkan Mapolda Kepri, Nongsa, Kota Batam, Rabu (26/8/2015) kemarin.

Dia menegaskan, larangan memberikn dukungan kepada salah satu peserta calon pilkada tidak hanya berlaku untuk Polda Kepri dan jajarannya, namun juga  berlaku untuk seluruh personel Polri. Selain itu, jajaran Polri juga dilarang membeda-bedakan proses pengamanan pasangan calon.

"Polri tidak boleh berpihak, harus netral. Tugas Polri mengamankan pilkada," tegas Badrodin.

Sebelumnya jug disampaikan Badrodin bahwa Polri sudah memantau seluruh daerah yang melaksanakan pemilukada serentak pada 9 Desember 2015 mendatang. Segala kemungkinan, menurutnya, harus diantisipasi agar pemilukada berjalan damai.

Dia mengakui, pelaksanaan pemilukada serentak menjadi tantangan besar bagi Polri. Karena pada pesta rakyat sebelumnya (pemilu legislatif dan Presiden) tidak dilaksanakan serentak, tiap daerah memiliki agenda waktu tersendiri.

Ditambahkannya, konflik lebih tinggi terjadi pada pertarungan dua pasang calon pilkada serentak. "Dari sisi konflik, daerah dengan dua pasangan calon potensinya lebih besar," ujarnya. (*)

Editor: Roelan