Belum Peroleh Visa, 19 JCH Kepri Gagal Berangkat ke Tanah Suci
Oleh : Ahmad Rohmadi
Senin | 24-08-2015 | 16:30 WIB
haji-cek-dokumen.jpg
Para CJH antre pemeriksaan dokomen di Asrama Haji
Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 19 orang Jemaah Calon Haji (JCH) asal Provinsi Kepri, gagal berangkat ke Mekkah, Arab Saudi pada kloter pertama yang akan diberangkatkan besok, Selasa (25/8/2015).

Dari 19 orang tersebut, 15 orang diantaranya visa hajinya belum keluar sedangkan empat orang lainnya, mendapat penolakan untuk mendapat visa, dari pemerintah Arab Saudi.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Batam Mazdjad, mengatakan 15 orang tersebut dari Kabupaten Natuna dua orang, Kabupaten Lingga sembilan orang, dari Batam dua orang dan Tanjungpinang dua orang.

"Visa itu baru keluar nanti sore dan dibawa Garuda. Tapi masalahnya, cek in 10 jam sebelum keberangkatan. Jadi nggak mungkin berangkat pada kloter pertama ini," kata Mazdjad, Senin (24/8/2015).

Sementara empat orang yang visanya ditolak pemerintah Arab Saudi, Mazdjad tidak dibeberkan alasannya. Namun lanjutnya ia katakan akan tetap menindaklanjutinya dengan mengirim dokumen empat orang yang gagal berangkat itu.

Sementara, salah satu JCH dari Natuna yang gagal berangkat, Mariam (65) saat ditemui mengaku sedih karena visanya belum jadi, sehingga harus bersabar untuk menunggu kloter yang kedua.

"Sedih sudah pasti, tapi sepenuhnya saya serahkan kepada Allah," kata Mariam.

Kendati demikian ia katakan tetap optimisi bisa berangkat. Dan selama menunggu kloter kedua ia akan tetap berada di Asrma Haji Batam.

"Tetap di sini, katanya ditanggung semua sampai kloter yang kedua," jelasnya.

Editor: Dodo