Pemerintah Pusat Canangkan Batam Sebagai Kota Gas
Oleh : Roni Ginting
Kamis | 20-08-2015 | 16:59 WIB
ign-wiratmaja.jpg
Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementria ESDM, IGN Wiratmaja.

BATAMTODAY.COM, Batam - I Gusti Nyoman Wiratmaja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM menyatakan telah mencanangkan Batam sebagai kota Gas. Pertemuan yang dilakukan dengan Wali kota, DPRD Batam untuk mengajak agar Batam menjadi kota yang menggunakan energi bersih yaitu gas mengingat energi terbarukan yang ada hanya energi matahari.

"Mencanangkan Batam sebagai kota gas mulai dari industri, kendaraan hingga rumah tangga menggunakan gas," kata Wiratmaja kepada wartawan usai melakukan pertemuan tertutup di kantor Wali Kota Batam, Kamis (20/8/2015).

Menurutnya, rencana tersebut dapat terealisasi, tinggal mengembangkan infrastrukturnya mengingat pipa yang ke rumah tangga maupun industri sudah terpasang sebelumnya.

"Untuk sumber gas ada dekat di Natuna karena sudah ada pipa WNTS, jadi tinggal jumper ke Batam," terangnya.

Lanjutnya, tahun 2016 akan dibangun 4.000 saluran ke rumah tangga. Hal tersebut menunggu persetujuan dari DPR RI. "Semoga disetujui dalam APBN," katanya.

Selain itu, juga akan dibangun stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) yang akan dibangun dekat pipa PGN. Kedepan kendaraan umum maupun kendaraan dinas akan menggunakan bahan bakar gas.

"Jadi nanti industri pakai gas, listrik pakai gas, kendaraan hingga rumah tangga pakai gas," kata Wiratmaja.

Rencana tersebut, katanya telah mendapat respon positif dari Pemerintah Daerah. "Respons dari Pemko mendukung. Kalau memang siapkan Perda akan dibahas," ujarnya.

Editor: Dodo