Musda V dan Muscab IV HIMNI Kepri Sukses Digelar, Amsakar Tekankan Tiga Hal Ini
Oleh : Aldy Daeng
Sabtu | 12-10-2024 | 17:04 WIB
Musda-V-HIMNI1.jpg
calon Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan calon Wakil Gubernur Kepri Nyanyang Haris Pratamura menghadiri Musda V HIMNI Kepri. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Musyawarah Daerah (Musda) V dan Musyawarah Cabang (Muscab) IV Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Kepri dan Batam sukses digelar di King's Hotel Batam, Sabtu (12/10/2024).

Acara sakral bagi masyarakat pulau yang terkenal dengan pulau Loncat Batu itu dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat Nias di Batam, serta dua calon kepala daerah, yakni calon Wali Kota Batam Amsakar Achmad dan calon Wakil Gubernur Kepri Nyanyang Haris Pratamura.

Pada kesempatan itu, Amsakar mengajak warga Nias yang tinggal di Batam untuk terus berkontribusi bagi pembangunan dan kemajuan kota.

"Saya sampaikan kepada seluruh warga Batam yang berasal dari Nias agar tetap berkontribusi untuk Batam. Semua warga Nias sangat baik dengan beragam profesinya dan tidak pernah membuat persoalan di Batam," ujar Amsakar.

Dalam menjaga harmonisasi sebuah organisasi, Amsakar juga menekankan pentingnya Musda dan Muscab.

Musda dan Muscab itu, kata Amsakar, hakikatnya ada tiga hal, pertama, pertanggungjawaban kepengurusan sebelumnya. Kedua, memilih pengurus sekarang dan akan datang dan ketiga, membuat program kerja atau merubah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

"Hendaknya semua itu dilaksanakan dengan baik, tidak perlu ada faksi-faksi di internal," pintanya.

Calon Walikota Batam dari nomor urut 1 ini juga mengimbau, agar di tahun politik ini tidak menciptakan polarisasi di masyarakat dan mengajak semua warga untuk menggunakan hak pilih mereka di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing.

Sementara, Sekjen DPP HIMNI Indonesia, Marinus Nazara, dalam sambutannya mengingatkan masyarakat Nias di Batam agar merasa menjadi bagian dari Batam dan menghargai adat istiadat setempat.

"Masyarakat Nias yang ada di Batam, jangan menyebutkan diri bahwa saya orang Nias, kalau sudah berada di Batam dan ber-KTP Batam, maka sudah orang Batam, tapi asalnya dari Nias. Adat istiadat orang Melayu harus kita junjung tinggi," sebutnya.

Lebih lanjut, Marinus, menjelaskan, bahwa DPP HIMNI mendukung penuh kelancaran Musda dan Muscab. "Kami di DPP hanya mendukung, sejauh yang kami tahu, Bapak Utusan Sarumaha (Ketua DPD HIMNI Kepri) ini sudah banyak berbuat untuk Batam dan Kepri," tambahnya.

Dilokasi yang sama, Ketua DPD HIMNI Kepri, Utusan Sarumaha, menyebutkan, musyawarah kali ini dihadiri oleh empat DPC, yaitu Batam, Bintan, Karimun, dan Tanjungpinang, serta pengurus DPP, DPC, DPD, dan pengurus tingkat kecamatan. Kegiatan ini dilaksanakan setiap empat tahun sekali sesuai dengan SK yang diterbitkan DPP HIMNI Indonesia.

Terkait pemilihan ketua, mantan Legislator DPRD Batam yang membidangi hukum ini menjelaskan, proses pendaftaran pencalonan akan dibuka pada hari ini juga. Ia juga menyatakan siap untuk maju kembali memimpin DPD HIMNI Kepri.

"Apakah ada calon-calon? Ya, itu hak masing-masing. Semua orang Batam dan Kepri asal Nias berhak untuk mencalonkan diri sepanjang memenuhi persyaratan. Atas dukungan kawan-kawan, saya memantapkan diri untuk maju kembali, untuk melanjutkan kepemimpinan DPD HIMNI Kepri," tegas Utusan.

Disaat yang sama, Sekretaris DPC HIMNI Batam, Mareanus Lase, menyampaikan dukungannya terhadap Utusan Sarumaha. "DPC HIMNI Batam selama kepemimpinan beliau (Utusan) sudah merasakan dampak yang luar biasa. Kalau beliau maju, kami siap mendukung," kata Mareanus.

Editor: Yudha