Tingkatkan Kualitas Makanan, Petugas Lapas Batam Ikuti Pelatihan Penjamah Makanan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 08-10-2024 | 15:04 WIB
penjamah-makanan.jpg
Pelatihan Penjamah Makanan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Batam di Hotel Pacific Batam selama dua hari, 8-9 Oktober 2024. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan makanan di Lapas Batam, dua petugas dapur Lapas mengikuti Pelatihan Penjamah Makanan yang digelar Dinas Kesehatan Kota Batam. Pelatihan ini berlangsung di Hotel Pacific Batam selama dua hari, 8-9 Oktober 2024.

Pelatihan tersebut bertujuan menunjang kualitas makanan, terutama di Lapas Batam, yang bertanggung jawab menyediakan makanan bagi warga binaan.

Dalam sambutannya, Sujito, Kepala Subbidang Dinas Kesehatan Kota Batam, yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan, menyebutkan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permenkes nomor 14 Tahun 2021. Regulasi tersebut menegaskan bahwa setiap usaha di sektor makanan dengan risiko kesehatan harus mematuhi aturan mengenai sertifikasi penjamah makanan.

"Setiap usaha di bidang tata boga minimal harus memiliki 50% petugas bersertifikat penjamah makanan, kecuali jasa boga C yang harus 100%. Kami harap peserta pelatihan dapat mengikuti dengan baik dan menyerap ilmu yang diberikan," kata Sujito.

Selain Dinas Kesehatan, pelatihan ini juga dihadiri oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, serta peserta dari berbagai usaha jasa boga di Kota Batam. Kegiatan dimulai dengan pre-test dan akan diakhiri dengan post-test untuk mengukur pemahaman peserta terkait penjamahan makanan.

Editor: Gokli