Kamaluddin Resmi Jabat Ketua DPRD Batam, PDIP Belum Serahkan Nama Pimpinan
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 25-09-2024 | 18:24 WIB
AR-BTD-4056-DPRD-Batam.jpg
Ketua PN Batam Bambang Trikora mengambil sumpah pelantikan pimpinan DPRD Batam. (Aldy Daeng/Batamtoday)

BATAMTODAY.COM, Batam - Muhammad Kamaluddin dari Partai Nasdem, resmi dilantik sebagai Ketua DPRD Batam Definitif periode 2024-2029.

Pelantikan Muhammad Kamaluddin sebagai Ketua itu melalui rapat paripurna DPRD Batam yang dipimpin Ketua Sementara Asnawati Atiq, didampingi Wakil Ketua sementara Muhammad Rudi dan dihadiri Pjs. Walikota Batam Andi Agung, serta Kepala Pengadilan Negeri Batam Bambang Trikora yang mengambil sumpah dan janji pimpinan DPRD Batam, Rabu (25/9/2024).

Selain Muhammad Kamaluddin sebagai Ketua DPRD Batam, pada rapat paripurna itu juga dilantik Aweng Kurniawan dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua I dan Hendra Asman dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua II DPRD Batam.

Akan tetapi, Wakil Ketua II seyogianya diisi oleh partai PDI Perjuangan belum bisa dilantik. Sebab partai besutan Mega Sukarno Putri itu belum menyodorkan nama untuk mengisi posisi salah satu kursi pimpinan tersebut.

Asnawati menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan surat kepada empat partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam Pileg lalu, untuk memberikan usulan pimpinan definitif.

"Hal tersebut juga dilengkapi dengan surat rekomendasi dari empat DPP partai tersebut dan juga telah disampaikan kepada Gubernur Kepri melalui walikota Batam," ujar Asnahwati.

Asnawati melanjutkan, Gubernur Kepri juga telah meresmikan usulan pimpinan tersebut dengan mengeluarkan surat keputusan pimpinan defitinif DPRD Batam pada tanggal 24 September lalu.

"Selamat bertugas kepada pimpinan DPRD, semoga amanah dalam menjalan tugas selama masa jabatan," katanya.

Usai dilantik, Asnawati memberikan palu sidang pimpinan kepada Kamaluddin sebagai tanda peralihan pimpinan dan dua Wakil Ketua DPRD Batam yang sudah diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Batam, Bambang Trikora.

"Bismillahirohmanirrohim, kami menerima palu Pimpinan DPRD Batam dari pimpinan sementara. Semoga bisa memberi manfaat untuk Kota Batam," kata Kamaluddin saat menerima palu pimpinan.

Sementara itu, menurut Pejabat sementara (Pjs) Walikota Batam Andi Agung, pelantikan dan pengucapan sumpah ini bukan hanya formalitas, namun juga awal dari tanggungjawab dalam mengawal kebijakan dan aspirasi masyarakat.

"Dalam jabatan yang mulia ini, saya yakin pimpinan yang baru mampu menjabat dengan penuh integritas dan tanggungjawab, serta mengedepankan kepentingan masyarakat," kata Andi Agung.

Andi Agung juga menyampaikan bahwa pemerintah juga akan berkomitmen penuh berkerjasama dengan DPRD Batam untuk memajukan Kota Batam. Menurutnya, kolaborasi dan sinergi merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan Batam sebagai kota modern.

"Saya yakin dengan pimpinan baru akan tercipta inovasi dan ide baru untuk mewujudkan batam sebagai kota yang maju dan sejahtera," pungkasnya.

Editor: Yudha