Menjadi Pilar Andalan Wirausaha, Suzuki New Carry Terus Mendominasi daru Generasi ke Generasi
Oleh : Redaksi/Alex
Selasa | 17-09-2024 | 15:24 WIB
1709_suzuki-NEW-carry_03493483788.jpg
Suzuki New Carry. (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Memasuki usia emas, Suzuki New Carry semakin bersinar sebagai ikon otomotif Indonesia. Mobil legendaris ini telah menjadi andalan utama para wirausahawan Tanah Air selama hampir 5 dekade.

Hingga generasi kelima, model Carry masih mempertahankan kelebihan utama berupa kapasitas angkut besar, daya tahan penggunaan yang lama, dan mesin efisien serta mudah dirawat. Menemani bertumbuhnya bisnis pengusaha lokal, 'Rajanya Pick-Up' ini siap mengantarkan mobilitas logistik di era digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah.

Sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan ekonomi digital di Indonesia, dengan target 30 juta UMKM masuk ke pasar digital, Suzuki menyambut baik program yang telah dimulai sejak tahun 2023 lalu. Menurut Harold Donnel, 4W Marketing Director PT SIS, dukungan dari berbagai sektor industri sangat penting untuk kelancaran program ini.

"Sebagai produsen otomotif, kami turut fokus pada penyediaan kendaraan komersial sebagai sarana
mendukung kegiatan bisnis seiring upaya positif dari Pemerintah. Dalam hal ini, pelaku usaha membutuhkan kendaraan untuk mengakomodasi kebutuhan mereka, memberikan efisiensi waktu pengiriman, serta respons cepat terhadap permintaan konsumen. Menjawab tantangan itu, pelanggan dapat memanfaatkan New Carry guna menjalankan proses operasional dan kelancaran usaha maupun bisnis masyarakat Indonesia," terang Harold dalam keterangannya, Selasa (17/9/2024).

Menurut data Kadin Indonesia, pada tahun 2023, sektor Industri Mikro Kecil (IMK) menunjukkan pencapaian positif terutama dalam bidang usaha pakaian jadi, makanan, hingga logam dasar. Untuk terus mendorong pertumbuhan ini, diperlukan dukungan melalui berbagai upaya, salah satunya solusi transportasi yang fleksibel, andal, dan terjangkau guna mengelola keperluan operasional serta distribusi harian.

New Carry hadir menjawab tantangan transportasi tersebut dalam kategori kendaraan niaga ringan dengan menawarkan dimensi yang unggul di kelasnya. Panjang bak 2.505 mm dan lebar 1.665 mm (untuk varian flat deck) maupun 1.745 mm (untuk varian wide deck). Dimensi ini menjadikan 155 mm lebih panjang, 160 mm lebih lebar, serta 125mm lebih tinggi dikelasnya sehingga memberikan ruang kargo paling luas untuk membawa lebih banyak barang.

Spesifikasi tersebut merupakan pilihan sangat ideal bagi para pelaku bisnis masa kini ditengah pentingnya prioritas pengiriman berbagai jenis barang dengan efisiensi kubikasi tinggi. Tidak tanggung, daya angkut lebih besar mencapai 1 ton ikut andil dalam memberikan keuntungan bagi kehematan operasional usaha.

Ditambah lagi, panjang keseluruhan 4.150 mm dan jarak sumbu roda 2.205 mm, dipadukan dengan radius putar terkecil di kelasnya (4,3 meter), manfaatnya menjadi sangat mudah bermanuver di jalan sempit dan lokasi yang menantang.

Di antara para pelaku usaha dan pemilik kendaraan niaga, New Carry juga dikenal sebagai pick-up yang hemat bahan bakar dengan biaya pemeliharaan sangat terjangkau. Sejak pembelian hingga tiga tahun ke depan, para wirausahawan dapat menikmati keuntungan lebih tanpa perlu khawatir soal pengeluaran perawatan.

Hingga saat ini, hanya Suzuki yang berani memberikan layanan after sales berupa ganti oli dan jasa servis secara gratis hingga jarak tempuh 50.000 km. Tawaran tersebut jadi lebih menguntungkan bagi para pengusaha yang bersemangat untuk bangkit di tengah kondisi ekonomi saat ini.

Sebagai tulang punggung transportasi bagi pengusaha di seluruh Indonesia, Suzuki hadir dengan dukungan lebih dari 300 outlet dan 200 bengkel resmi yang tersebar hingga pelosok negeri sebagai jaminan rasa aman bagi para pemilik kendaraan untuk mendapatkan layanan perawatan berkualitas kapan saja dan di mana saja, sehingga roda ekonomi para pelaku usaha terus berputar tanpa hambatan ataupun kekhawatiran.

Menjalankan usaha menggunakan New Carry juga tidak memberatkan sejak awal karena dapat dimiliki dengan harga kompetitif mulai dari Rp169.500.000,- beserta skema pembelian sesuai kebutuhan.

Lebih dari sekadar andalan lokal, kualitas 'Rajanya Pick-Up' juga telah diakui dunia. Ekspor yang masih berlangsung ke berbagai negara menunjukkan bahwa kendaraan niaga ringan Suzuki ini bukan hanya diminati di dalam negeri, tetapi juga di mancanegara. Para pengusaha Indonesia semakin yakin memilih New Carry, baik untuk memulai bisnis baru maupun mengembangkan usaha yang sudah berjalan Berbekal keandalan dan ketangguhan tersebut, membuat para pelaku usaha mempercayakan kebutuhan operasionalnya terhadap kendaraan komersial milik Suzuki.

Dalam lima tahun terakhir, kendaraan komersial ini sudah mengantongi enam pengakuan dalam bentuk penghargaan dari berbagai Media sebagai kendaraan komersial terbaik. Apresiasi ini juga tercermin dengan data penjualan Suzuki. Pada bulan Agustus 2024, New Carry mendominasi 45% dari total penjualan Suzuki, membuktikan bahwa 'Rajanya Pick-Up' ini tak hanya unggul di atas kertas, tapi juga di hati konsumen.

"Senantiasa dipercaya sebagai kendaraan angkut dari generasi awal hingga penerusnya, membuat model ini semakin menunjukkan eksistensinya. Agar tetap menarik perhatian masyarakat, sejak bulan juli hingga september ini kami memberikan bonus berupa sepasang ban bagi setiap pembelian New Carry, dengan filosofi dan harapan yaitu roda bisnis bisa terus berputar tanpa lelah. Tak lupa ucapan terima kasih kepada pelanggan setia yang selalu mempercayakan produk Suzuki dalam pemenuhan kebutuhan harian," tutup Harold.

Editor: Gokli