Kejari Batam Gelar Upacara Peringati Hari Lahir Kejaksaan ke-79 Tahun 2024
Oleh : Paskalis RH
Senin | 02-09-2024 | 13:04 WIB
Kejaksaan-79.jpg
Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi, saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir Kejaksaan ke-79, Senin (2/9/2024). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Korps Adhyaksa di seluruh Indonesia memperingati hari lahirnya Kejaksaan ke-79 tahun yang jatuh pada Senin (2/9/2024).

Peringatan ini mengambil tema 'Hari Lahir Kejaksaan sebagai Simbol Terwujudnya Kedaulatan Penuntut dan Advocaat General'. Upacara peringatan yang dilakukan secara serentak dan digelar secara sederhana itu pun dilaksanakan di lingkungan Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam.

Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi, menyampaikan penetapan tanggal 2 September sebagai hari lahirnya Kejaksaan berdasarkan hasil penelusuran sejarah oleh para ahli, para pimpinan di Kejaksaan Agung, baik dari arsip-arsip nasional, maupun arsip-arsip yang ada di Belanda.

"Berdasarkan hasil penelusuran para ahli dan penelusuran arsip nasional, baik itu di Indonesia maupun di Belanda, diketahui bahwa Korps Adhyaksa (Kejaksaan) sudah ada sejak 2 September 1945," kata Kajari Batam, usai memimpin upacara peringatan hari lahirnya Kejaksaan di Kantor Kejari Batam.

Kasna Dedi menyampaikan, upacara peringatan hari lahirnya Kejaksaan, baru pertama kali diperingati secara nasional pada tahun ini. Peringatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, baik di Kejaksaan Agung hingga ke seluruh satuan kerja di bawahnya.

"Korps Adhyaksa ini diketahui sudah ada sejak tahun 1945. Bahkan usia Kejaksaan sudah mencapai 79 tahun," ujar Kajari Batam.

Ia menjelaskan, pada umumnya masyarakat atau publik hanya mengetahui dan memaknai Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) sebagai hari lahir Kejaksaan yang diperingati setiap tanggal 22 Juli. Padahal, berdasarkan fakta sejarah Kejaksaan lahir 15 hari setelah Kemerdekaan RI.

Sehingga, hari lahir Kejaksaan yang sebenarnya jatuh pada tanggal 2 September. "Hari lahirnya Kejaksaan mulai diberlakukan setelah adanya Keputusan Jaksa Agung Nomor 196 Tahun 2023," tambah Kasna Dedi.

Dijelaskannya, awal peringatan Hari Bhakti Adhyaksa terjadi pada 22 Juli 1960. Sebab, pada tanggal tersebut, terjadi perubahan mendasar pada struktur kelembagaan Kejaksaan. Berdasarkan rapat kabinet pada masa itu, memutuskan Departemen Kejaksaan menjadi lembaga mandiri, terpisah dari Departemen Kehakiman, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 204/1960 tanggal 1 Agustus 1960.

Sementara itu, berdasarkan amanat Jaksa Agung ST Burhanuddin, Hari Lahir Kejaksaan yang akan diperingati pada tanggal 2 September setiap tahunnya sebagai pengingat akan sejarah panjang Kejaksaan dalam menegakkan hukum yang berkeadilan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Selain sebagai sebagai pengingat, Hari Lahir Kejaksaan juga memiliki urgensi dalam menegaskan keberadaan Kejaksaan sebagai lembaga yang mandiri sejak awal kemerdekaan. Ini menunjukkan pentingnya peran Kejaksaan dalam menjaga stabilitas dan keamanan nasional," kata Kajari Batam, saat membacakan amanat Jaksa Agung, ST Burhanuddin.

Peringatan Hari Lahir Kejaksaan ke-79 di Kejari Batam, digelar secara sederhana dengan upacara dan pemotongan tumpeng, karena sebelumnya sudah dilaksanakan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-64 dengan berbagai kegiatan seperti bakti sosial, dan perlombaan.

"Hari ini adalah momentum bersejarah bagi Korps Adhyaksa. Walaupun baru pertama kali, upacara peringatan ini tetap dilaksanakan secara khidmat. Ke depannya, upacara peringatan hari lahirnya Kejaksaan akan tetap dilaksanakan setiap tahunnya," pungkas Kasna Dedi.

Editor: Gokli