Bank Maspion Gandeng BumiBaik untuk Tanam 100 Pohon di Batu di Desa Sumberejo Kota Batu
Oleh : Redaksi
Selasa | 06-08-2024 | 19:04 WIB
Bak-Maspion-Pohon1.jpg
Bank Maspion Gandeng BumiBaik untuk Tanam 100 Pohon di Batu di Desa Sumberejo Kota Batu, Malang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Malang - Gerakan pelestarian lingkungan kini semakin masif digalakkan oleh seluruh sektor industri, tak terkecuali sektor perbankan. Lewat aksi penanaman 100 pohon, pada bulan Juli lalu Bank Maspion telah menyelenggarakan kegiatan penyelamatan lingkungan dan pengurangan emisi karbon melalui Program GreenThread: Roots For The Future.

Berkolaborasi bersama BumiBaik dan Kelompok Tani Hutan (KTH) Hijau Lestari, event ini merupakan upaya penghijauan dan aksi iklim secara sukarela untuk menghasilkan "carbon neutral" dari 100 pohon yang ditanam.

Penanaman 100 pohon dilakukan di Desa Sumberejo, Kota Batu sekitar bulan Juli 2024. Melibatkan kerja sama dari Bank Maspion, BumiBaik dan KTH Hijau Lestari, para partisipan tampak antusias melakukan aksi penanaman bibit pohon alpukat yang sudah dilengkapi geo-tagging technology, sehingga perkembangan dan pertumbuhan pohon bisa dimonitor secara transparan dan berkelanjutan oleh seluruh pihak yang terlibat. Selain melakukan aksi penanaman pohon, para partisipan juga dapat melakukan monitor aksi lingkungannya dengan menghitung jumlah karbon yang diserap dan dikeluarkan oleh pohon yang ditanam lewat aplikasi BumiBaik.

Kasemsri Charoensiddhi, President Director of Bank Maspion Indonesia menyampaikan bahwa event CSR kali ini merupakan upaya Bank Maspion Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam aksi pelestarian lingkungan.

"Menurut saya ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi Bank Maspion untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan seperti ini. Kita dapat melakukan hal yang baik untuk lingkungan dan menciptakan dunia yang lebih baik," ujarnya.

Diungkapkan oleh Kasemsri, sudah semestinya aksi lingkungan seperti ini menjadi perhatian setiap perusahaan.

"Kami ingin ambil bagian dalam roadmap keberlanjutan ini. Menurut saya tiap perusahaan kini perlu untuk berpartisipasi dalam kampanye lingkungan, karena agenda untuk menyelamatkan lingkungan sudah menjadi hal utama yang semestinya diperhatikan," ungkapnya.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari masing-masing pihak hingga simbolisasi penandatanganan kerjasama penanaman dan penyerahan bibit. Diharapkan, aksi pelestarian lingkungan semacam ini dapat terus dilakukan bersama secara berkelanjutan dan tidak berhenti sebagai event momentual saja.

Rifai, Kepala KTH Hijau Lestari menambahkan bahwa pihaknya senang dapat ikut bekerja sama dalam aksi penanaman 100 pohon bersama Bank Maspion dan BumiBaik.

"Kami berharap agar kerja sama ini tidak berhenti di sini saja, namun bisa berkelanjutan. Kami ingin tidak hanya penanaman saja tapi juga di perawatan hingga produksi, kita ingin terus bekerja sama dengan Bank Maspion dan BumiBaik," ujar Rifai.

Krisis iklim yang terjadi di alam sekitar telah menjadi isu serius. Perlu kolaborasi dari banyak pihak untuk berpartisipasi dalam aksi lingkungan demi generasi yang akan datang. Oleh karena itu, lewat aksi ini Bank Maspion Indonesia telah berkomitmen untuk terus ambil bagian dalam sustainability roadmap bersama BumiBaik.

"Krisis iklim telah kita rasakan secara langsung dari lingkungan di sekitar kita, oleh karena itu kita perlu saling membantu dan berkontribusi untuk melindungi alam demi generasi selanjutnya," tutup Kasemsri.

Editor: Yudha