Sekda Sampaikan Pesan Khusus di Pradiklat Paskibraka Tanjungpinang
Oleh : Devi Handiani
Jumat | 02-08-2024 | 19:44 WIB
Pradiklat-Paskibraka-Tpi1.jpg
Pembukaan Pradiklat Paskibraka, di terminal Sei Carang Bintan Center Tanjungpinang, Kepri, Jum'at (2/8/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat memberikan pesan khusus kepada calon anggota Paskibraka Kota Tanjungpinang 2024 pada upacara pembukaan Pradiklat Paskibraka, di terminal Sei Carang Bintan Center Tanjungpinang, Kepri, Jum'at (2/8/2024).

"Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang dan pribadi, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik calon Paskibraka 2024. Saya yakin, adik-adik yang berada di sini telah melewati berbagai tahapan, proses, dan kompetisi yang ketat, mengalahkan banyak peserta lain yang juga berharap berdiri di posisi ini," ujar Zulhidayat.

"Mulai hari ini, adik-adik akan mengikuti berbagai latihan pembinaan. Tidak hanya baris-berbaris, tetapi juga mental adik-adik akan ditempa. Sehingga 17 Agustus nanti, adik-adik dapat melaksanakan tugas negara yaitu pengibaran bendera di kota Tanjungpinang dengan sukses, lancar, dan khidmat," tambahnya.

Selepas tugas pengibaran bendera, Zulhidayat menyampaikan, adik-adik nantinya akan bergabung dalam duta Pancasila. Esensinya, berarti menjadi contoh dan teladan bagi adik-adik semua dan masyarakat. Selain baris-berbaris, kalian juga akan dibekali dengan soft skill seperti keberanian, kejujuran, dan kerja keras yang tentunya akan adik-adik lalui.

"Itu semua, yakinlah sebagai bekal yang adik-adik perlukan dalam kesuksesan ke depan," pungkasnya.

Sekda berharap peserta memiliki soft skill utama kota Tanjungpinang, yaitu jujur bertutur dan bijak bertindak, yang harus menjadi teladan bagi orang lain.

"Perlu diingat, kehadiran adik-adik di sini adalah pilihan pribadi yang harus disertai dengan semangat dan daya juang yang tinggi untuk tidak pantang menyerah selama lebih kurang 15 hari ke depan," ujarnya.

Menutup pesannya, Zulhidayat mengingatkan para peserta untuk menjaga kesehatan, makan dengan baik, istirahat yang cukup, serta mematuhi semua instruksi dari pembina dan pelatih.

"Selamat berjuang, jangan lupa berdo'a. Semoga adik-adik diberikan kesuksesan di dunia dan akhirat, khususnya dalam menjalankan tugas Paskibraka Kota Tanjungpinang 2024," tuturnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tanjungpinang, Samsudi, juga menyampaikan harapannya agar para peserta dapat menjadi yang terbaik bagi bangsa.

“Tetap semangat dan jadilah anak bangsa yang terbaik,sukses menjalankan tugas negara saat hari kemerdekaan RI ke-79 nanti,” katanya.

Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Tanjungpinang, Muharroni, menjelaskan jadwal pelatihan dimulai hari ini bersama PPI. Pelatihan pada 3-4 Agustus akan dilanjutkan bersama pelatih Trimatra dari kepolisian dan TNI.

"Peserta pradiklat berjumlah 30 calon paskibraka yang bertugas di kantor wali kota. Pelatihan hari ini fokus pada kekuatan dan ketahanan fisik, karakter mental, nilai-nilai Pancasila, dan team building," terangnya.

Selanjutnya, peserta akan kembali bersama PPI 5 Agustus, dan 6 Agustus akan diadakan seminar untuk pemantapan ideologi Pancasila. Pada 7 Agustus, peserta akan masuk asrama di hotel Pelangi hingga 18 Agustus.

"Di asrama, serangkaian kegiatan akan meliputi pengukuhan, upacara tantingan, hingga pelaksanaan upacara 17 Agustus," ucapnya.

Editor: Yudha