Ini 7 Nama Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam Melalui PDIP
Oleh : Aldy
Kamis | 23-05-2024 | 15:24 WIB
PDIP2.jpg
Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Batam, Ernawati, didampingi Wakil Ketua Bidang Industri dan Ketenagakerjaan DPC PDIP, Daniel, saat Konferensi Pers di Kantor Sekretariat DPC PDIP Kota Batam, Rabu (22/5/2024) sore. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Penjaringan dan Pendaftaran Bakal Calon (Balon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam DPC PDI Perjuangan untuk Pilkada 2024, telah menyelesaikan tugas-tugasnya.

Dari sembilan nama publik figur di Kota Batam yang telah mengambil formulir pendaftaran melalui Sekretariat DPC PDIP, sebanyak 7 nama yang mengembalikan formulir dan layak untuk diusulkan ke DPD PDIP Provinsi Kepulauan Riau dan kemudian akan diteruskan ke DPP PDIP di Jakarta.

Hal tersebut diungkapkan langsung Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Batam, Ernawati, didampingi Wakil Ketua Bidang Industri dan Ketenagakerjaan, Daniel, saat konferensi pers di Sekretariat DPC PDIP Kota Batam, Rabu (22/5/2024) sore.

"Alhamdulillah, Tim Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah untuk tingkat Kota Batam telah menyelesaikan pekerjaannya dengan baik dan tuntas," ucap Ernawati.

Kak Erna sapaan akrabnya, menjelaskan, tepatnya pada Senin (20/5/2024) lalu, tim Penjaringan terakhir menyelesaikan tahapan verifikasi berkas-berkas para kandiidat yang akan mendaftar melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Kemudian, keesokan harinya Selasa (21/5/2024), Tim Penjaringan melakukan tahapan wawancara kepada 7 orang kandidat, yang dimulai sejak pagi hingga selesai malam hari, dan semua kandidat tersebut lolos dalam sesi wawancara yang dilakukan secara estafet oleh tim penjaringan.

"Pukul 20.00 WIB tadi malam baru selesai tahapan wawancaranya," ungkap Erna.

Ia juga menyebutkan, DPC PDIP Kota Batam sifatnya hanya melakukan penjaringan dan pendaftaran Bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah. Lalu, untuk penyaringan tahap awal dilakukan oleh DPD PDIP Kepri untuk diteruskan dan diajukan ke DPP PDIP di Jakarta.

Dikatakannya, dari ketujuh nama yang berhasil terjaring di DPC, sebanyak tiga (3) nama merupakan kader terbaik PDIP Kota Batam, yakni, Burhalimar (wali kota), Udin P Sihaloho (wakil wali kota) dan Gus Renaldi (wakil wali kota).

Kemudian, empat nama publik figur lainnya merupakan kandidat yang berasal dari eksternal atau partai lainnya, yakni Hj Marlin Agustina Rudi (Wali Kota), Amsakar Achmad (Wali Kota), Jefridin Hamid (Wakil Wali Kota) dan Raja Heri Moch Rizal (Wakil Wali Kota).

"Internal ada tiga orang dan eksternal ada empat orang kandidat. Khusus Putra Yustisi Respaty, karena namanya sudah terjaring sejak awal di Pleno DPC, jadi secara otomatis namanya sudah masuk untuk di internal," jelasnya.

Dilanjutkan Daniel, berdasarkan mekanisme partai, penjaringan Bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah ada dua cara yakni melalui penjaringan internal partai. Dan, penjaringan umum seperti yang dilakukan saat ini.

"Penjaringan dari struktur organisasi dilakukan mulai dari tingkat kecamatan dan berakhir di Rapat Kerja Cabang. Lalu, yang kedua penjaringan umum seperti yang dilakukan saat ini," pungkasnya.

Editor: Gokli