Perkuat Sinergitas TNI-Polri, Polda Kepri Gelar Rakor Bersama POM TNI
Oleh : Redaksi
Rabu | 22-05-2024 | 19:32 WIB
Rakernis-TNI-Polri1.jpg
Rapat Koordinasi (Rakor) POM TNI - Propam Polri di Hotel Beverly Batam, Selasa (21/5/2024). (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bertempat di Hotel Beverly Batam, telah dilaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) POM TNI - Propam Polri dan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Propam jajaran Polda Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2024. Kegiatan ini mengusung tema "Sinergitas Pom TNI dan Propam Polri dalam Rangka Mencegah Terjadinya Konflik antara Prajurit TNI dan Anggota Polri" pada Selasa (21/5/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, Irwasda Polda Kepri Kombes. Pol. Sri Satyatama, Danpom Kogabwilhan I Kolonel CPM Novem Janri Rajagukguk, Danpom Ko Armada I Danpom Koarmada I Kolonel Laut (PM) Didik Wahyudi, Kepala Seleksi Intelijen II Bea Cukai Tipe B Batam Bapak Didik Mujiyono, Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Ferry Irawan, pejabat utama Polda Kepri, para komandan POM TNI di Kepulauan Riau, serta Kasi Propam jajaran wilayah.

Dalam sambutannya, Wakapolda menegaskan pentingnya peran POM TNI dan Propam Polri dalam pengawasan di lapangan sesuai dengan arahan Panglima TNI dan Kapolri. Beliau juga menekankan pentingnya sinergitas TNI-Polri untuk mencegah terjadinya konflik antara prajurit TNI dan anggota Polri.

"Beberapa penekanan kepada para peserta rakor untuk dipedomani dan dilaksanakan, antara lain: Manfaatkan kegiatan ini sebagai sarana berbagi informasi, penyamaan persepsi, dan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan, Meningkatkan rapat koordinasi internal maupun dengan instansi terkait dalam rangka tukar menukar informasi, Lakukan evaluasi tugas di bidang pengawasan dan pemeriksaan, baik yang dilaksanakan secara rutin maupun khusus, Berpikir out of the box dalam rangka antisipasi kemungkinan penyimpangan yang dilakukan anggota dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, Tingkatkan solidaritas dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas di lapangan," tegas Wakapolda.

Selanjutnya Kabid Propam Polda Kepri Kombes Pol Ferry Irawan, menambahkan bahwa Rakornis ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas dan solidaritas POM TNI dan Propam Polri di Kepulauan Riau. Beliau juga berharap agar Rakornis ini dapat menjadi sarana berbagi informasi, penyamaan persepsi, dan cara bertindak dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan.

"Rakornis ini merupakan cerminan wujud sinergitas TNI dan Polri yang sudah terjaga strukturnya. Saya berharap kegiatan ini bukan hanya seremonial belaka namun dapat memberikan manfaat dalam pelaksanaan tugas," jelas Kabid Propam.

Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian doorprize dan foto bersama, serta berbagai paparan dari pejabat terkait, termasuk dari Kabid Propam Polda Kepri, Kabid P2 Bea Cukai Tipe B Batam, Danpomgabwilhan, Dirlantas Polda Kepri, Dirreskrimum Polda Kepri, Dirreskrimsus Polda Kepri, Dirresnarkoba Polda Kepri, dan Dirpolair Polda Kepri.

Pada akhir Rakornis, diharapkan agar sinergitas dan soliditas POM TNI dan Propam Polri di Kepulauan Riau dapat terus terjaga. Hal ini penting untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Kepulauan Riau.

Editor: Yudha