Meski Diwarnai Hujan, Pawai Ta'aruf MTQH X Kepri Berlangsung Meriah
Oleh : Aldy
Senin | 20-05-2024 | 11:44 WIB
MTQ-Kepri.jpg
Pembukaan MTQH X Kepri di Kota Batam, Senin (20/5/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski diwarnai hujan gerimis, Pawai Ta'aruf Musabaqoh Tilawatil Qur'an dan Hadis (MTQH) X Kepri di Batam berlangsung meriah, Senin (20/5/2024) pagi. Pawai Ta'aruf tersebut dipusatkan di Kawasan Nagoya, Lubuk Baja, tepatnya di simpang Martabak Har.

"Alhamdulillah pawai ta'aruf berlangsung meriah dan didukung cuaca yang sejuk," ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Dalam acara yang diikuti khafilah se-Kepri itu, Wali Kota juga menyampaikan agar peserta bisa nyaman dan betah selama mengikuti semua rangkaian MTQH X Kepri. "Selamat datang di Batam, mari jadikan MTQH X Kepri sebagai ajang mempererat silaturahmi dan mentadaburi nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an," ajak Rudi.

Di kesempatan sama, Rudi mengajak semua masyarakat Kota Batam untuk memeriahkan dan menyukseskan MTQH X Kepri yang berlangsung 20-27 Mei 2024 di Dataran Engku Putri, Batam Center.

"Semoga, dengan penyelenggaraan ini, memberikan dampak positif bagi Kota Batam dan Kepri," katanya.

Sebelumnya, ia juga menyampaikan kebahagiaanya atas kehadiran para peserta MTQH X Kepri yang memenuhi undangan untuk menyukseskan kegiatan MTQH X Kepri. "Sebagai tuan rumah, Batam siap melayani para tamu peserta MTQH X Kepri," ujarnya.

Di kesempatan itu, Wali Kota juga menegaskan dewan hakim MTQH X Kepri untuk berbuat adil kepada peserta. Ia ingin para peserta mendapat hasil sesuai keahlian. "Tidak boleh ada kecurangan dalam MTQH X Kepri di Kota Batam," tegas Rudi.

Adapun, MTQH X Tingkat Provinsi Kepri, sejumlah lomba digelar yakni Cabang Seni Baca Al-Qur'an, Cabang Qira'at Al-Qur'an, Cabang Hafalan Al-Qur'an, Cabang Tafsir Al-Qur'an, Cabang Fahmil Al-Qur'an, Cabang Syarhil Al-Qur'an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur'an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi dan Qasidah Rebana.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Kepri, Marlin Agustia, menyampaikan bahwa rangkaian MTQH X Kepri mulai dari Malam Ta'aruf, Pawai Ta'aruf, Pelantikan Dewan Hakim, Pembukaan Bazar MTQH X, Pembukaan MTQH X, hingga Penutupan MTQH X Kepri.

"Selamat datang para peserta, kita berkumpul dengan semangat sama menyukseskan MTQH X Kepri. Dengan acara ini, semoga kita saling mengenal dan memperkuat tali persaudaraan. Dan semoga acara MTQH X Kepri berlangsung lancar tanpa kendala dalam sepekan ke depan," katanya.

Ia berpesan agar peserta menyiapkan diri dengan matang. Ia ingin hasil MTQH X bisa membentuk kafilah Kepri terbaik untuk MTQH tingkat nasional nanti. "Suatu kebanggan kita STQH di Jambi mendapat peringkat 4 di Indonesia dari sebelumnya di peringkat 7. Semoga ke depan Kepri bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Pada acara tersebut, juga tampak hadir Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad beserta istri, dan Pj Wali Kota Tanjungpinang, Hasan.

Editor: Gokli