Dihadiri Kepala BP Batam, UKW PWI Kepri ke-16 Resmi Dibuka Hendri CH Bangun
Oleh : Aldy
Jumat | 03-05-2024 | 10:28 WIB
UKW-16.jpg
UKW PWI Kepri ke-16 di Harmoni One Hotel, Batam Center, Kota Batam, Jumat (3/5/2024). (PWI Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kepri, kembali menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) di Harmoni One Hotel, Batam Center, Kota Batam.

UKW ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Jumat - Sabtu (3-4/5/2024), yang dibuka langsung Ketum PWI Hendri CH Bangun dan dihadiri Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi.

Ketum PWI menyampaikan, tahun 2024 ini PWI sudah menggelar UKW ke-14 untuk seluruh Indonesia. UKW ini merupakan kerja sama dengan BUMN sebagai sonsor ship.

"Kewajiban kami menggelar UKW di 10 provinsi. Ini dibiayai hasil kerja sama dari sponsor tersebut. Setelah di Kepri, UKW akan digelar di Sulawesi," kata Hendri CH Bangun.

Sementara itu, Ketua PWI Kepri, Andi Gino, menyampaikan UKW ke-16 di Kepri diikuti 30 peserta, dibagi menjadi dua kelas Muda, dua kelas Madya dan satu kelas Utama.

"Ini merupakan UKW pertama sejak kami menjabat. Kami berharap ada kesinambungan ke depannya," kata Andi.

Andi juga berharap kepada para penjabat yang menjadi daftar jejaring agar mau merespon bila ditelpon, agar para peserta bisa mendapatkan nilai dari penguji.

Adapun Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam sambutannya berharap semua yang ikut UKW bisa lulus dan menjadi wartawan yang kompeten. "Di pemerintahan kami sudah melakukan banyak hal terkait pendidikan, artinya setiap ada kegiatan UKW pastinya pemerintah akan terus mendukung," ujar Muhammad Rudi.

Dikatakan Muhammad Rudi, menjalin komunikasi dengan Pemerintah Daerah sangat penting, termasuk peran para wartawan dan media. Untuk itu, media dan jurnalis bisa berkolaborasi dengan Pemko maupun BP Batam, demi kemajuan bersama.

"Sebab, peran media dalam penyampaian informasi yang lurus dan positif sangat diperlukan, sehingga tidak persepsi negatif yang muncul di tengah masyarakat," tutupnya.

Hadir sebagai penguji dari PWI Kepri, Ramon Damora, Dedy Suwadha dan Andi Gino.

Editor: Gokli