Ini Jadwal Buka Tutup THM di Batam Selama Bulan Ramadhan 1445 H
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 11-03-2024 | 16:36 WIB
ardi-taksi-ribut1.jpg
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Batam Ardiwinata. (Dok BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengeluarkan kebijakan yang meminta tempat hiburan malam (THM) di Kota Batam untuk menutup kegiatan operasionalnya sebanyak 8 hari saat bulan suci Ramadhan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Batam Ardiwinata menyampaikan, penutupan THM tahun ini tidak banyak berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Waktu tutup operasional THM menggunakan pola 3-2-3 selama bulan suci Ramadan, yakni tiga hari di awal, dua hari di pertengahan dan tiga hari di akhir bulan Ramadhan. Ini sama seperti tahun lalu," ujar Ardiwinata, Senin (11/3/2024).

Ardi menjelaskan, bahwa kebijakan tersebut merupakan kesepakatan bersama saat rapat bersama Forkopimda dan pelaku usaha tempat hiburan malam di Radisson Hotel, Kota Batam pada Rabu (6/3/2024) lalu.

"Nanti akan ada tim terpadu yang akan menyisir tempat hiburan malam untuk memastikan semua berjalan dan patuh atas kesepakatan bersama ini," terang Ardi.

Pihaknya berharap, seluruh pelaku usaha THM di Kota Batam dapat mematuhi aturan tersebut karena tim gabungan akan turun ke lokasi untuk memantau selama bulan Ramadan. "Selama puasa kita saling menghormati. Harapan kita aturan ini bisa dipatuhi oleh seluruh THM di Batam tanpa terkecuali, karena ada tim gabungan yang turun di lapangan," sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan, pengamanan selama bulan ramadan dan hari raya Idul Fitri 2024 di wilayahnya akan dilakukan oleh Polresta Barelang. Adapun untuk transportasi arus mudik di bawah Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam.

Ia berharap pelaksanaan ibadah puasa mulai dari awal Ramadhan hingga arus mudik mendatang dapat berjalan dengan aman dan lancar. Rudi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai selama bulan Ramadan.

"Kalau ada kendala kita selesaikan bersama-sama, karena bulan suci Ramadhan semua pihak harus bersinergi," imbau Rudi.

Editor: Yudha