Sawarna Duha Resmi Dikukuhkan sebagai Ketua DPC Fornisel Batam Periode 2024-2029
Oleh : Aldy
Senin | 29-01-2024 | 12:04 WIB
Fornisel-BTM.jpg
Pengukuhan pengurus Fornisel Batam di Top 100 Tembesi, Minggu (28/1/2024). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sarwana Duha, resmi dikukuhkan sebagai Ketua Forum Masyarakat Nias Selatan (Fornisel) Kota Batam periode 2024-2029, dan merupakan Ketua Fornisel Batam yang ke-3 selama organisasi tersebut berdiri.

Dalam acara pengukuhan tersebut, sejumlah pagelaran seni tradisional khas daerah Nias Selatan disuguhkan untuk ratusan masyarakat menghadiri acara tersebut di Mal Top 100 Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Minggu (28/1/2024) sore.

Selain pagelaran seni tradisional, seperti pencak silat dan lompat batu yang merupakan olahraga ciri khas daerah Nias yang telah mendunia, kegiatan itu juga dihadiri oleh anggota DPR RI, Sturman Panjaitan dan Anggota DPD RI, Haripinto Tanuwidjaja, serta anggota DPRD Batam, Utusan Sarumaha dan sejumlah Ketua paguyuban lainnya.

Dalam sambutannya, Haripinto Tanuwijaya, meminta semua anggota dan masyarakat Nias yang telah berdiam di Batam untuk tertib administrasi, terutama administrasi kependudukan semua anggota. Sebab, dalam berorganisasi data itu sangat penting.

Kesejahteraan dari segi ekonomi dan sosial juga menjadi akan perhatian bersama. Untuk itu kebersamaan dalam memajukan organisasi adalah hal yang tak bisa ditawar lagi. Sebab, hal itu akan berdampak positif ke seluruh masyarakat Nias Batam dan Kepri pada umumnya.

"Saya juga mengapresiasi Anggota DPRD Batam, Utusan Sarumaha, yang telah aktif dalam tertib data bagi masyarakat Nias yang ada di Batam. Semoga apa yang dilakukan beliau bisa berkelanjutan. Termasuk program BPJS untuk pengurus yang dimotori oleh politisi Hanura tersebut," ungkap Haripinto Tanuwidjaja.

Sementara Anggota DPR RI, Sturman Panjaitan, mengapresiasi kekompakan masyarakat Nias di Batam dan Kepri. "Merasa sangat terhormat, diberikan mahkota dan disambut sebagai warga kehormatan dan keluarga besar Nias," kata Sturman Panjaitan.

Ia juga mengajak semua masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari mendatang. Menurutnya berbeda pilihan itu biasa, akan tetapi kebersamaan dan persatuan menjadi hal yang utama.

"Jangan mau diombang-ambingkan karena berbeda pilihan. Bersatulah orang Nias," imbuhnya.

Kemudian, Anggota DPRD Batam, Utusan Sarumaha, yang juga sebagai masyarakat asli Nias mengungkapkan, paguyuban ini dibentuk untuk membantu sesama masyarakat Nias Selatan yang ada di Batam dan Kepri. Terutama dari segi sosial kemasyarakatan.

Ia juga meminta kepada Ketua dan pengurus yang telah dikukuhkan, agar memberikan persembahan yang terbaik untuk warga Nias dan masyarakat Batam secara umum.

"Melayani masyarakat itu tidak mudah, maka dari itu para pengurus harus siap untuk pelayanan masyarakat, biar pun belum sempurna, akan tetapi harus maksimal dan selalu siap untuk masyarakat," jelas Utusan Sarumaha, yang saat ini juga menjadi Caleg DPRD Batam Dapil Kecamatan Sagulung.

Sebagai Ketua terpilih, Sawarna Duha, menyampaikan, pascadirinya dan seluruh pengurus dikukuhkan, sebagai program prioritas dari DPC Fornisel Batam, yakni memberdayakan dan meningkatkan SDM seluruh pengurus dan warga Nias Selatan yang ada di Kota Batam.

"Termasuk jaminan kesehatan BPJS bagi 45 pengurus Fornisel Batam, itu yang kami utamakan, dan agar pengurus yang memberikan pelayanan kepada masyarakat bisa tercover dari kesehatan dan keselamatannya," ungkap Sawarna Duha.

Dalam kepengurusannya, Sawarna menambahkan, pihaknya akan berusaha merangkul semua masyarakat Nias Selatan yang ada di Batam, terlbih yang belum bergabung dalam paguyuban.

"Kami di sini termasuk besar jumlahnya, dari data DPT saja terdapat 3.750 orang yang terdaftar. Belum lagi yang belum terdaftar, ini akan kita rangkul semua untuk kebersamaan di tanah rantau," pungkas Sawarna Duha.

Editor: Gokli