Jumat Curhat, Kapolresta Barelang Langsung Tindaklanjuti Keluhan Masyarakat Batu Ampar
Oleh : Redaksi
Jumat | 12-01-2024 | 15:44 WIB
Jumat-Curhat-Batu-Ampar.jpg
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, saat Jumat Curhat Kamtibmas di Kecamatan Batu Ampar, Jumat (12/1/2024). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto langsung menindaklanjuti keluhan masyarakat Kecamatan Batu Ampar yang disampaikan saat Jumat Curhat, Jumat (12/1/2024).

Acara ini digelar di Kantor Camat Batu Ampar. Kapolresta Barelang hadir bersama PJU Polresta Barelang serta Kapolsek Batu Ampar, Kompol Dwihatmoko Wiroseno beserta jajaran. Turut hadiri, Camat Batu Ampar, Ridwan Nur Salatsa; Kepala KUA Batu Ampar, Unggul Hasibuan; Wakapolsek Iptu Raden Bimo Dwi Lambang; perwakilan Koramil 01/Batam Timur, Sertu Safri; Ka Puskesmas Batu Ampar, Drg Deni Zulia; Lurah se-Kecamatan Batu Ampar dan para tokoh masyarakat, agama, adat serta perwakilan RT/RW.

Mengawali acara, Kapolsek Batu Ampar mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir pada Jumat Curhat itu. " Semoga dengan adanya keluhan dari masyarakat dapat menjadi pedoman kerja di lingkungan Polsek Batu Ampar dan menjadikan situasi Kecamatan Batu Ampar aman dari gangguan Kamtibmas," kata Kompol Dwihatmoko, seperti dilansir laman Tribratanews Polda Kepri.

Jumat Curhat Kamtibmas, kata Kapolsek, dilaksanakan setiap minggunya dengan lokasi berbeda yang tujuannya adalah mempererat silaturahmi Polri dengan masyarakat serta mendengarkan langsung keluhan masyarakat dan menindaklanjutinya.

Senada, Camat Ridwan Nur Salatsa mengucapkan, terima kasih atas kehadiran bapak Kapolresta Barelang. "Kami dari Kecamatan Batu Ampar menyambut baik dengan pelaksanaan kegiatan Jumat Curhat yang selama ini dilaksanakan oleh Polresta Barelang khususnya Polsek Batu Ampar, karena dengan kegiatan tersebut keluhan dan permasalahan di masyarakat dapat segera kita ketahui dan tindak lanjuti," kata Ridwan Nur Salatsa.

Sementara Kapolresta Barelang mengatakan, Jumat Curhat Kamtibmas bersama masyarakat Kecamatan Batu Ampar ini sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat, dengan tujuan mendengarkan langsung keluhan masyarakat serta langsung menanggapi dan merespon keluhan tersebut.

"Konflik masyarakat yang ada di Kecamatan Batu Ampar diharapkan dapat segera diselesaikan, agar situasi Kamtibmas dapat selalu dalam keadaan aman dan terkendali," ujar Kombes Pol Nugroho.

Jumat Curhat adalah program Kapolri untuk dilaksanakan di seluruh wilayah yang bertujuan untuk menerima saran dan mengetahui permasalahan yang dialami warga masyarakat.

Pada sesi curhat, Ahmad Dasuki dari Kelurahan Batu Merah, menyampaikan agar Siskamling di seluruh Kecamatan Batu Ampar bisa diaktifkan kembali. "Di wilayah kami sangat banyak mobil/motor memarkirkan kendaraannya di bahu jalan, sehingga menimbulkan kemacetan. Kami juga mohon agar setiap bulannya Bhabinkamtibmas melaksanakan rapat di wilayah masing-masing dan peran polisi masyarakat khususnya di Kecamatan Batu Ampar agar ditingkatkan kembali," ungkap Ahmad Dasuki.

"Baik pak, yang pertama saya sebagai Kapolresta Barelang beberapa waktu yang lalu sudah mencoba untuk membangkitkan kembali Siskamling dengan cara membuat perlombaan Siskamling. Namun sepertinya ada beberapa Siskamling yang pada saat ini tidak menjalankan lagi kegiatan tersebut, tapi nanti kami akan mencoba memonitor kembali ke lapangan," jawab Kapolresta Barelang.

Lanjut Kapolresta, Polsek Batu Ampar nanti akan mengecek ke lokasi parkir sembarangan. "Apabila masih terjadi parkir sembarangan, jangan segan-segan Japri ke WA saya untuk memberi informasi. Untuk yang ketiga, saya akan mengarahkan Bhabinkamtibmas nanti agar melaksanakan kegiatan tersebut. Kami dari Polresta Barelang akan berkordinasi dengan Polsek Batu Ampar terkait keluhan kemacetan itu," katanya.

Adapun Dahlan dari Keluarahan Tanjung Sengkuang, mengatakan terkait laporan polisi yang dibuatnya di Polresta Barelang terkait tindak pidana penipuan online pada 27 Juli 2023, namun sampai sekarang belum ada tindakan dari pihak penyidik. "Mohon bantuannya Pak," pinta Dahlan.

Hal ini dijawab langsung Wakasat Reskrim, di mana pihaknya sudah menindaklanjuti dan sekarang masih dalam proses penyelidikan lebih lanjut.

Kemudian John dari Kelurahan Jodoh, mememinta agar patroli di wilayah Batu Ampar lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat merasa lebih aman. "Saya akan arahkan Batara Biru Polsek Batu Ampar agar melakukan mobile setiap hari di wilkum Polsek Batu Ampar guna meningkatkan rasa aman bagi masyarakat." jawan Kapolresta Barelang.

Terakhir, Yusrizal dari Kelurahan Seraya, mempertanyakan keberadaan Pak Ogak yang sering melakukan pengaturan di simpang-simpang jalan. "Apakah kegiatan seperti itu boleh di lakukan bu?" tanya Yusrizal kepada Kasat Lantas.

"Kegiatan seperti itu tidak boleh dilakukan pak, apabila bapak membutuhkan pihak kepolisian untuk melaksanakan pengaturan jalan karena terjadi kemacetan silahkan memberi kabar kepada pihak Polsek Batu Ampar atau kepada kami langsung, dan kami pasti akan langsung menindak lanjutkannya pak," jawab Kasat Lantas.

Sebelum kegiatan Jumat Curhat berakhir, Kapolresta Barelang menyampaikan agar seluruh masyarakat sama-sama mewujudkan Pemilu damai, yang sebentar lagi dilaksanakan. "Jangan ada yang mengirim atau menyebar pemberitaan hoaks. Silahkan bapak/ibu memilih sesuai dengan hati nurani. Kami TNI dan Polri tetap menjaga netralitas terkait Pemilu," tegasnya.

"Beda pilihan itu biasa dan suatu daerah belum tentu menentukan kemenangan. Bersama-sama kita menjaga situsi Pemilu yang aman dan kondusif dan semoga pertemuan ini bermamfaat bagi kita semua," imbu Kapolresta.

"Saya (Kapolresta Barelang), Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas sudah memberikan nomor WhatsApp, silahkan sampaikan jika ada permasalahan di luar Curhat Kamtibmas ini. Silahkan hubungi saya, pasti akan saya tindak lanjuti 24 jam," tutupnya.

Usai Jumat Curhat Kamtibmas, Kapolresta Barelang juga menyempatkan membagikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar Polsek Batu Ampar.

Editor: Gokli