Layanan Autogate di Pelabuhan Internasional Batam Center Dioperasikan Mulai Januari 2024
Oleh : Aldy
Rabu | 27-12-2023 | 15:52 WIB
AR-BTD-5128-Pelabuhan-Batam-Center.jpg
Manajer Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan autogate di Pelabuhan Internasional Batam Center akan dioperasikan mulai Januari 2024 mendatang.

Autogate ini untuk mempersingkat waktu pemeriksaan dan pelayanan cop paspor bagi para penumpang di terminal keberangkatan dan kedatangan.

"Sekarang ada 5 yang akan dipasang. Info terakhir yang kita dapat dari Imigrasi, Januari 2024 sudah dioperasikan," ujar Manajer Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga, Selasa (26/12/2023).

Dijelaskan Nika, sejak 2015 lalu, sistem autogate sudah digaungkan dari Dirjen Imigrasi. Saat itu, kata dia, ada tiga Bandara yang akan diberlakukan autogate, yakni Soekarno-Hatta, Jakarta; Bandara Ngurah Rai, Bali; dan Bandara Hang Nadim, Batam.

"Saat itu, kita dapat empat autogate, dua di keberangkatan dan dua di kedatangan, tetapi tak jalan. Ini baru mau diadakan lagi," ungkap Nika Astaga.

Terpisah, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam, Samuel Toba, mengungkapkan layanan autogate di Pelabuhan Citra Tri Tunas, Harbour Bay sudah mulai uji coba dilaksanakan. Saat ini akan dilakukan pemasangan di Pelabuhan Batam Center.

"Ini bertujuan untuk mepersingkat waktu pemeriksaan keimigrasian karena masyarakat dapat melakukan secara mandiri," kata Samuel Toba.

Ditambahkannya, peresmian autogate ini dijadwalkan pada Januari 2024 mendatang oleh Dirjen Imigrasi. Menurutnya, capain ini tidak terlepas dari kerja sama antar instansi.

"Sesuai jadwal, nanti diresmikan langsung oleh Pak Dirjen," katanya.

Dengan segala capaian ini, Imigrasi menyadari merupakan hasil kolaborasi dan sinergitas lintas instansi. "Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan stakeholder yang telah mendukung serta berkontribusi dalam meningkatkan kualitas layanan keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam," pungkas Samuel Toba.

Editor: Gokli