Lonjakan Penumpang Libur Nataru, Pelabuhan Batam Center Tambah 17 Ekstra Trip
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 26-12-2023 | 17:24 WIB
Nika-Pelabuhan1.jpg
Manajer Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Internasional Batam Center dipadati penumpang sehingga ada penambahan 17 ekstra trip untuk melayani penumpang menuju Singapura dan Malaysia.

"Puncak ramai itu tanggal 24-25 Desember kemaren, arus balik masih terjadi hari ini. Sepertinya Kepulangan Wisman tidak sekaligus di hari yang sama," ujar Manajer Operasional PT Synergy Tharada, pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga, saat ditemui di pelabuhan internasional Batam center, Selasa (26/12/2023).

Dijelaskan Nika, untuk hari ini jumlah penumpang berangkat dan datang dari Singapura dan Malaysia bisa mencapai 8 ribu lebih. Sebab, hingga siang ini penumpang di pelabuhan sudah mencapai 5.300 penumpang.

"Hari ini masih cukup ramai, perkiraan kita bisa lebih 8 ribuan penumpang. Alhamdulillah sampai saat ini tidak ada masalah yang berarti, semua petugas disiagakan untuk pelayanan," ungkap Nika Astaga.

Lebih lanjut, Nika menyebutkan, pada puncak liburan Natal 25 Desember kemaren, penumpang yang datang di pelabuhan mencapai 11.000 orang dan penumpang yang berangkat lebih dari 5.000 penumpang.

"Untuk pelayanan, kita tetap utamakan pelayanan terhadap lansia dan yang membawa anak-anak. Termasuk yang transit, juga menjadi perhatian para petugas kita," katanya.

Disinggung terkait mulai adanya kembali warga Singapura yang terjangkit covid-19, menjelaskan, untuk di Pelabuhan Batam Venter, belum ada perlakuan khusus, baik dari segi scanner maupun pemeriksaan kesehatan. Namun, himbauan tetap menjaga kesehatan dan penggunaan masker juga disampaikan kepada para pengguna jasa pelabuhan.

"Secara resmi dari pemerintah belum ada dari pemerintah, baik itu pemeriksaan kesehatan maupun lainnya. Tapi kita tetap memberikan himbauan untuk tetap menjaga kesehatan," jelas Nika Astaga.

Editor: Yudha