KMP DLN Nusantara Utamakan Keselamatan dan Pelayanan Mudik Nataru
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 21-12-2023 | 17:56 WIB
Mudik-Nataru1.jpg
KMP DLN Nusantara memberikan pelayanan khusus terkait keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam mendukung program pemerintah pada perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KMP DLN Nusantara memberikan pelayanan khusus terkait keselamatan dan kenyamanan bagi penumpang.

Tak bisa dipungkiri, saat mudik di hari besar seperti perayaan Natal dan Tahun Baru, masyarakat kerap kesulitan mendapatkan tiket pulang kampung, untuk merayakan hari sakral bersama keluarga.

Namun kini, dengan hadirnya salah satu moda transportasi laut yang diresmikan langsung oleh Kepala BP Batam Muhammad Rudi pada (13/10/2023) lalu, KMP DLN Nusantara turut memberikan kontribusi pelayanan bagi masyarakat yang akan mudik ke Medan atau ke Jakarta.

Humas KMP DLN Nusantara, Lamsir Golant Nainggolan, mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder yang telah berkontribusi dan memberikan dukungan kepada KMP DLN Nusantara.

"Nataru kali ini merupakan Nataru pertama bagi KM DLN Nusantara. Kami mengutamakan keselamatan, dan kenyamanan bagi penumpang. Kami sudah menyiapkan semua terkait alat keselamatan," ucap Lamsir, Kamis (21/12/1023).

Lanjut Lamsir, kelancaran perjalanan KMP DLN Nusantara, yang sudah tiba di pelabuhan Belawan, Medan sekira pukul 06.00 WIB hari ini, tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

"Atas arahan dari pihak KSOP Batam, maka kita dari pihak DLN Nusantara melengkapi alat keselamatan Al: 700 Lifejacket, 15 lifekrav, mengecek ketersediaan air bersih sebanyak 500 ton dan kelengkapan bahan makanan yg cukup," ungkap Lamsir.

"Ke depan, kami akan terus berbenah diri dari segi pelayanan dan kelengkapan keselamatan berlayar. Pada pelayaran kali ini DLN Nusantara tiba di pelabuhan Belawan Dengan selamat pagi tadi," sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Provinsi Kepri Junaidi, menyebutkan, dengan adanya moda transportasi seperti KMP DLN Nusantara, bisa menjadi pilihan bagi masyarakat untuk bertemu keluarga di kampung pada perayaan Nataru kali ini.

"Alhamdulillah, KMP DLN Nusantara berangkat dari pelabuhan Bintang 99 menuju belawan medan mendukung program pemerintah nataru 2023 dan semoga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru 2024, mudah mudahan kedepan program ini dapat terkoordinir dengan baik dan bersamaan KM kelud juga berangkat ke belawan, medan," kata Junaidi.

Sebelumnya, Kepala BP Batam mengucapkan terima kasih kepada PT DLN atas partisipasinya dalam mendukung Kota Batam menuju Kota Smart City atau Kota Moderen. Dengan adanya moda transportasi baru, hal ini terut menunjang Batam sebagai Hub Logistik.

"Dengan dukungan pelayaran dalam negeri dari PT DLN, ini akan menjadi moda transportasi pendukung kota Batam sebagai hub logistik," ujar Muhammad Rudi, di sela-sela peresmian, Jumat (13/10/2023).

Lanjut Rudi, dengan kecepatan dan ketepatan waktu yang diusung KMP DLN Nusantara, diharapkan bisa menjadi pilihan bagi masyarakat. Terlebih bagi para pengusaha angkutan atau ekspedisi, karena jenis kapal ini bisa memuat kendaraan besar dan penumpang.

"Terima kasih kepada DLN, ini bisa menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat Batam," kata Muhammad Rudi.

Editor: Yudha