Periode 2023, Imigrasi Batam Hasilkan Rp 143 Miliar PNBP dari Layanan Paspor
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 21-12-2023 | 16:36 WIB
Imigrasi-Batam1.jpg
Konferensi pers capain Imigrasi Batam 2023, Kamis (21/12/2023). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - periode tahun 2023, Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, mencatat sepanjang 2023 memperoleh penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari pelayanan paspor senilai Rp143 miliar.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Batam Samuel Toba, menyebutkan, angkat tersebut melebihi dari target sebesar Rp 39 miliar atau naik sebesar 365,76 persen.

"Capaian ini terlihat dari sisi ekonomi masyarakat di tahun 2023. Pada tahun 2021-2022 masa pandemi, jadi orang tidak banyak melakukan aktifitas, dan tahun 2023 banyak yang kembali beraktifitas," ujar Samuel, saat konferensi pers capain Imigrasi Batam 2023, Kamis (21/12/2023).

Lanjut Samuel Toba, untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam telah melakukan berbagai inovasi yang terdiri dari, layanan Service Informasi Paspor (SIP) yang bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengecekan status permohonan paspor; Oneclickmido yaitu aplikasi berbasis web yang memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi.

"Kemudian layanan informasi on the spot dengan teknologi realtime masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan petugas imigrasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Efaskim merupakan aplikasi berbasis web untuk memudahkan masyarakat melakukan pengurusan sertifikat anak berkewarganegaraan ganda dan affidavit," kata Samuel Toba.

Ditambahkannya, selain layanan informasi layanan autogate di Pelabuhan Habourbay yang bertujuan untuk mempersingkat waktu pemeriksaan keimigrasian juga telah disiapkan. Layanan autogate ini bisa dilakukan oleh masyarakat secara mandiri.

"Saat ini kami juga sedang berupaya melakukan penambahan layanan autogate di Pelabuhan Batam Center. Kita sudah hampir sama dengan Singapura. Setelah semua rampung, diperkirakan bulan Januari 2024 diresmikan langsung oleh pak Dirjen," pungkas Samuel Toba.

Editor: Yudha