PT BIB Buka Posko Layanan Nataru, Prediksi Lonjakan Penumpang Capai 5 Persen
Oleh : Aldy
Selasa | 19-12-2023 | 13:00 WIB
AR-BTD-5069-BIB.jpg
PT Bandara Internasional Batam (BIB) secara resmi membuka Posko layanan Nataru di Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Selasa (19/12/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang libur panjang nasional pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), lonjakan penumpang diprediksi mengalami peningkatan sekitar 5 persen di banding tahun lalu.

Untuk mengantisipasi dan memberikan pelayanan kepada para pengguna Bandara Internasional Hang Nadim, PT Bandara Internasional Batam (BIB) secara resmi membuka Posko layanan Nataru.

"Posko layanan ini menitikberatkan pada pelayanan informasi, kesehatan dan pengaduan," ujar Direktur Opersi PT BIB, Nugroho Jati, usai pembukaan Posko pelayanan Nataru, Selasa (19/12/2023).

Nugroho menjelaskan, Posko ini akan beroperasi selama 16 hari kerja, dimulai pada hari ini, Selasa (19/12/2023). Selain pelayanan kepada para pengguna Bandara, Posko ini juga akan memantau dan mengantisipasi, adanya calo dan permainan tiket.

"Posko ini juga bertujuan menerima pengaduan jika adanya oknum yang bermain maslah tiket. Termasuk adanya tiket yang dibuat di atas harga tertinggi," tegas Nugroho.

Dari segi personel, Nugroho melanjutkan, pada Posko Nataru 2023-2024 ini, ada 40 personel yang disiagakan dari internal PT BIB. Kemudian ditambah bantuan personel dari beberapa instansi yang ada di Bandara Internasional Hang Nadim.

"Dari internal kita 40 personel, ditambah 40 personel lagi dari TNI-Polri, Bea cukai, Imigrasi, Karantina, dan instansi lainya," jelas Nugroho.

Dalam mengantisipasi lonjakan penumpang, kata Nugroho, saat ini sudah ada 7 ekstra penerbangan yang diajukan oleh beberapa maskapai, pada puncak arus mudik dan balik. Tujuan penumpang didominasi ke Jakarta dan Medan.

"Sampai hari ini, baru 3 ekstra penerbangan yang masuk detailnya, yaitu dari group Garuda Indonesia dan group Lion," katanya.

Editor: Gokli