Kejagung Serahkan Kapal Rampasan Kejari Batam untuk Penelitian Mahasiswa Unhas
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 11-12-2023 | 16:52 WIB
Kapal-rampasan2.jpg
Penyerahan kapal rampasan Kajari Batam untuk penelitian mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna kepentingan pendidikan dan dinilai masih layak, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyerahkan satu unit kapal rampasan milik negara, barang rampasan Kejari Batam ke Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kapal tersebut diserahterimakan di Pangkalan PSDKP, Jembatan Dua Barelang, Kota Batam, Senin (11/12/2023).

Barang rampasan milik negara itu berupa satu unit kapal ikan berbendera Vietnam yang ditangkap pada Agustus 2022 lalu.

Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan RI, Syaifudin Tagamal mengatakan, bahwa serah terima hibah kapal itu berasal dari barang rampasan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk kepentingan dunia pendidikan dan penelitian.

"Mudah-mudahan dengan penyerahan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk peningkatan sumber daya manusia di bidang kemaritiman dan perikanan," kata Syaifudin.

Lanjut Syaifudin, kapal tersebut ditangkap oleh KKP dan disidangkan oleh kejaksaan setempat. Kapal itu telah dicek kondisinya dan masih layak untuk diserahkan ke Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk kepentingan dunia pendidikan.

"Seperti yang sudah di lihat kapal itu masih layak. Tadi sudah dicek kondisinya masih bagus, artinya kemarin juga dicek sama Pak Rektor kondisinya sangat bagus dan sudah layak untuk berlayar, tinggal menunggu nanti surat kelengkapan untuk berlayar dibawa ke Makassar," jelasnya.

Pihak Kejaksaan berharap, kapal yang diserahkan ke Unhas itu bisa bermanfaat sebaik-baiknya. "Kita yakin, jika barang tersebut dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa baik dari sisi teori maupun paraktiknya di bidang kemaritiman.

Sementara, Rekor Unhas, Jamaluddin Jompa menyambut baik dan berterimakasih atas penyerahan kapal hasil rampasan negara itu kepada pihaknya. Nantinya kapal tersebut akan dioptimalkan guna kebutuhan sektor pendidikan.

"Kita sangat bersyukur dan juga bangga bahwa teman-teman dari kejaksaan membantu kami dari timur sana dan ini adalah bagian dari keinginan Unhas untuk bisa berkontribusi. Mudah-mudahan kapal ini dalam waktu beberapa bulan kedepan kita bisa melaporkan apa manfaatnya kepada kejaksaan," ucapannya.

Dalam kegiatan itu, selain dihadiri Kepala Pusat Pemulihan Aset Kejaksaan RI dan Rektor Unhas, juga disaksikan langsung oleh Kajati Kepri, Rudi Margono; Kajari Batam, I Ketut Kasna Dedi serta jajaran Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepri dan Kejaksaan Negeri Batam.

Editor: Yudha