Upaya Menciptakan Pemimpin Intelektual

UNIBA dan UiTM Malaysia Gelar Internasional Collaboration Project on Community Services
Oleh : Aldy
Selasa | 14-11-2023 | 14:00 WIB
Seminar-Kurikulum-UNIBA.jpg
Universitas Batam (UNIBA) dan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Johor, Malaysia menggelar seminar kurikulum di Kampus UNIBA, Selasa (14/11/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Universitas Batam (UNIBA) dan Universitas Teknologi MARA (UiTM) Cawangan Johor, Malaysia menggelar seminar kurikulum di Kampus UNIBA, Selasa (14/11/2023).

Seminar ini untuk mempersiapkan diri menjadi pemimpin intelektual, wirausahawan serta mandiri dan cerdas. Merupakan Proyek Kerja sama Internasional Bidang Pengabdian kepada Masyarakat atau Internasional Collaboration Project on Community Services.

"Seminar ini bertujuan, agar mahasiswa berkesempatan mengimplementasikan kompetensi, keterampilan, sikap tanggung jawab, membangun tim kerjasama dan mengembangkan kemandirian melalui kegiatan kreatif di bidang ilmu yang ditekuninya," ujar Kepala LPPM, Dr Malahayati Rusli Bintang, dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Dr Malahayati menyampaikan, penghargaan kepada tim yang terlibat dalam Proyek Community Services International, baik di UNIBA maupun UiTM Malaysia. Acara ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan baik UNIBA dengan UiTM Malaysia, serta mendukung suasana akademik yang tergabung dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Untuk itu, pihaknya memberikan antusiasme yang besar dalam kegiatan kolaboratif ini dan dorong suatu pembentukan soft skill yang melibatkan kepemimpinan dan kerja sama tim.

Disebutkannya, setiap fakultas di UNIBA ditugaskan untuk melakukan layanan masyarakat yang terkait dengan ruang lingkup minat akademik masing-masing.

"Sebagai penyokong untuk pendidikan, terutama di pulau-pulau, kami berkomitmen untuk menyumbangkan transfer pengetahuan tentang hasil proyek ini melalui publikasi jurnal. Dan akhirnya kami berharap bahwa energi positif dari acara tersebut dapat menciptakan dampak positif dan bermakna luas," papar Dr Malahayati.

Sementara, Wakil Rektor 1 UNIBA, Prof Dr Ir Chablullah Wibisono, menyampaikan ilmu pengetahuan adalah sebuah respon dan tanggung jawab untuk menghasilkan pemahaman spiritual, intelektual, dan emosional.

Selain itu pendidikan juga obyektif, mengembangkan seluruh potensi manusia baik jasmani maupun rohani, menumbuhkan suburnya hubungan yang harmonis setiap pribadi dengan Allah, dan menjalin komunikasi yang baik dengan sesama manusia dan dengan alam semesta.

"Maka sistem pendidikan harus menghasilkan Ilmuwan dan Ulama dalam Satu Kesatuan terintegrasi disebut Ulil Albab. Sistem Kurikulum harus memadukan Kitab Suci (Muslim = Al Qur'an) dengan Sains Teknologi dan Seni," ungkapnya.

Acara seminar tersebut dipandu oleh Moderator, Dr Ir Yuanita FD Sidabutar dan dr Sukma Sahreni. Sebagai pembicara, Wakil Rektor 1 Prof Dr Ir Chablullah Wibisono; Wakil Rektor lll/Ketua Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM UNIBA, Dr Mohammad Gita Indrawan; Ahmad Rafiqi Bin Zaini, Norsyidah Binti Mahmat Zani.

Sementara rombongan dari UiTM Malaysia sebanyak 21 orang termasuk dosen dan mahasiswa. Sementara peserta dari UNIBA sebanyak 120 orang termasuk dosen dan mahasiswa.

Editor: Gokli