Anniversary ke-34, FIFGROUP Salurkan Bantuan Sosial Rp 204 Juta untuk Rumah Ibadah di Kota Batam
Oleh : Aldy Daeng
Senin | 13-11-2023 | 17:08 WIB
bantuan-FIF-Group1.jpg
Anniversary FIFGROUP ke-34, Salurkan Bantuan Sosial ke rumah ibadah. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sempena hari jadi PT Federal Internasional Finance (FIFGROUP) ke-34, yang merupakan anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, menyalurkan bantuan sosial senilai Rp 204 juta untuk 5 Agama di 6 Rumah Ibadah di Kota Batam.

Untuk masing-masing rumah ibadah mendapatkan Rp 34 juta, angka ini juga mengikuti anniversary yang ke-34. Acara penyerahan bantuan ini, sejalan dengan Rapat Pimpinan (Rapim) FIFGROUP 2024. Penyerahan bantuan diserahkan di Ruko Villa Muka Kuning Blok A1 No. 14 Kota Batam, Senin (13/11/2023) sore.

Keenam rumah ibadah yang menerima bantuan yaitu Masjid At Taqwa, Masjid Al Azizy, GKPI Transbarelang, Gereja Paroki Malekat Agung Gabriel, Vihara Cetya Maha Bodhi, dan Pure Agung Amerta Bhuana.

Direktur In Charge (DIC) EHSSR and Sustainability Esther Sri Harjati, mengungkapkan kesenangannya dihari baik ini. Dimana, acara sosial bisa disejalankan dengan kegiatan tahunan seperti Rapim FIFGroup untuk di pusatkan di kota Batam untuk tahun ini.

Esther mengungkapkan pencapaian FIFGroup cukup baik, dan berkembang di tahun ke tahun, bahkan disaat pandemi.

"Kelasnya FIFGROUP naik terus. Ini merupakan hasil kolaborasi bersama, dan tidak pernah lepas dari anugrah Tuhan YME. Untuk itu kami selalu fokus pada rumah ibadah dalam kegiatan sosial kami," ujar Esther dalam sambutannya.

"Sesuai dengan tema Rapim tahun ini 'Leap as One to Ensure Business Sustainability' tentunya terus mendorong kami untuk tetap peduli dengan keberlangsungan sesama secara berkelanjutan. Kali ini bantuan diserahkan kepada 6 rumah ibadah dari 5 agama," sambungnya.

Bantuan kepada enam rumah ibadah untuk 5 agama merupakan bentuk apresiasi. Pihaknya percaya setiap pemberian atau pencapaian itu dari Tuhan, maka dikembalikan dalam bentuk bantuan kepada rumah ibadah di Batam.

Menurutnya, FIFGROUP peduli sudah menyalurkan bantuan melalui banyak hal. Mulai dari CSR, bantuan bencana, dan lainnya. FIFGROUP ke depan terus mencapai pertumbuhan yang baik.

"Semoga bantuan ini bisa membawa berkah, manfaat. Meningkatkan iman kepada Tuhan," kata Esther.

Lebih lanjut Esther memaparkan, kegiatan tersebut menjadi salah satu bentuk komitmen FIFGROUP untuk turut serta dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tercermin melalui program FIFGroup Peduli.

sesuai dengan misi FIFGROUP untuk membawa kehidupan yang lebih baik bagi Masyarakat Indonesia, ini merupakan program yang berupaya memberikan dampak positif dan kontribusi berkelanjutan bagi perkembangan sosial ekonomi masyarakat dengan turut serta dalam memenuhi kebutuhan seperti bantuan paket sembako, pembangunan dan perbaikan sarana prasarana, lalu membantu meringankan beban seperti bantuan operasional Rumah Singgah Sahabat dan bantuan bencana alam, serta bantuan keagamaan seperti Tebar Kurban, Tebar Takjil Ramadhan dan Tebar Kitab.

Ditemui usai acara, Marukhimin selaku pengurus dan imam Masjid At-Taqwa mengatakan, bantuan ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi seluruh jamaah Masjid Al-Taqwa. "Alhamdulillah, akan kami pergunakan dengan amanah agar dapat memberikan berkah bagi semua masyarakat," ujarnya dengan rasa syukur.

Senada, Pastor Daniel Dionisius selaku kepala Gereja Paroki Malekat Agung Gabriel juga mengucapkan terimakasih kepada FIFGroup yang telah memberikan bantuan untuk rumah ibadah. "Tentu saja bantuan ini sangat berguna untuk mempercepat proses pembangunan yang ada. Semoga FIFGROUP terus menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Pastor Daniel Dionisius.

Sementara, I Made Sudarta sebagai kepala Pura Agung Amerta Bhuana, menyebutkan, bantuan FIFGroup ini sangat membantu dan bermanfaat di tengah perekonomian Indonesia yang belum sepenuhnya pulih.

"Saya mewakili seluruh umat mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dan semoga FIFGROUP terus menebarkan kebaikan ke lingkungan sekitar," harapnya.

Sebelumnya, FIFGROUP juga telah melakukan berbagai langkah melalui program CSR yang berfokus pada 4 (empat) pilar utama yang sejalan dengan 17 goals SDG's yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, serta melindungi lingkungan, antara lain:

1. FIFGROUP Sehat, merupakan pilar kesehatan FIFGROUP di mana sepanjang tahun 2023 telah memberikan manfaat untuk 16.734 masyarakat terdampak. Terdiri dari kegiatan Donor Darah yang telah mengumpulkan 15.017 kantong darah, Program Stunting untuk 200 anak malnutrisi dan 200 ibu hamil serta Program Posyandu untuk 1.317 balita.

2. FIFGROUP Pintar, merupakan pilar pendidikan FIFGROUP di mana sepanjang tahun 2023 telah memberikan manfaat untuk 7.377 masyarakat terdampak. Terdiri dari Program Jam Sosial Mengajar kepada 2.313 murid dan Pelatihan kepada 5.064 guru.

3. FIFGROUP Sejahtera, merupakan pilar pemberdayaan masyarakat FIFGROUP yang telah memberikan bantuan Program Dana Bergulir melalui bantuan modal usaha tanpa bunga kepada 600 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di 243 titik wilayah se-Indonesia dengan total penyaluran dana lebih dari Rp 2,2 miliar.

4. FIFGROUP Lestari, merupakan pilar lingkungan hidup FIFGROUP di mana sepanjang tahun 2023 telah menanam bibit pohon sebanyak 28.970 bibit dari kegiatan tanam pohon FIF GROUP Hijaukan Bumi 2023 di mana 3.400 bibit di antaranya adalah bibit mangrove dan 2.035 keluarga terdampak dari kegiatan anti Demam Berdarah serta malaria melalui program.

Selain melalui program 4 pilar, FIFGROUP juga melakukan bantuan sosial lainnya seperti Penyaluran Hewan Kurban kepada masyarakat di sekitar kantor pusat dan cabang FIFGROUP sebanyak 3 ekor sapi dan 399 ekor kambing dengan nominal mencapai Rp1,5 miliar berasal dari Dana Sosial Syariah.

Kemudian bantuan sarana dan prasarana di berbagai daerah pada 2023 sebesar Rp 954,6 juta. Serta bantuan Kegiatan Peringatan Hari Nasional, Keagamaan, dan Lingkungan sepanjang 2023 sebesar Rp 349,8 juta.

Sehingga total bantuan yang telah disalurkan oleh FIFGROUP melalui program 4 pilar dan bantuan sosial lainnya kepada masyarakat dari awal Januari hingga 31 Oktober 2023 mencapai lebih dari Rp 9,1 miliar.

Editor: Yudha