Catut Nama Kasi Pidum Kejari Batam, Penipu Minta Nomor HP Semua Kadis Melalui Kabid Kominfo
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 08-11-2023 | 14:44 WIB
Kasdum-Atmaji.jpg
Kasi Pidum Kejari Batam, Priatmaji Dutaning Prawiro. (Dok Kejari Batam)

BATAMTODAY.COM, Batam - Penipuan dengan modus mencatut nama aparat penegak hukum (APH) kembali terjadi di Batam. Kali ini, si penipu mengaku sebagai Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Batam Priatmaji Dutaning Prawiro.

Aksinya dilancarkan dengan meminta nomor handphone para Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kota Batam melalui Kabid Komunikasi dan Kehumasan Diskominfo, Nahar Febrianto.

Adapun nomor handphone yang digunakan oleh penipu tersebut adalah 082127547584. "Tiba-tiba ditelpon oleh orang yang mengaku sebagai Kasi Pidum Kejari Batam, kemudian minta nomor para Kadis segera dikirim ke dia," ujar Febrianto, Selasa (7/11/2023).

Sebagai Kabid Humas, Febri, sapaan akrabnya, tidak langsung percaya dengan penelpon tersebut. Namun ia langsung mengkroscek nomor handphone sang penelepon. Ia merasa aneh akan hal itu, sebab tidak pernah terjadi sebelumnya.

"Saat penipu telfon saya, beruntungnya saya sedang bersama orang kejaksaan, untuk persiapan acara pisah sambut Kajari Batam. Saya tanya apakah nomor itu milik Kasi Pidum, dia jawab itu bukan," terang Febri.

Mendapati informasi tersebut, Kasi Pidum Kejari Batam Priatmaji Dutaning Prawiro dengan tegas membantah telah menghubungi Kabid Kominfo Pemko Batam. Apalagi untuk meminta nomor semua para Kadis.

"Itu bukan nomor saya, saya tak pernah menelpon Kabid Kominfo Pemko Batam," ujar pria yang akrab disapa Aji ini.

Aji juga menegaskan, selama ini ia hanya memakai satu nomor. Ia pun meminta agar masyarakat dan berbagai instansi tak langsung percaya dengan orang yang mengaku sebagai dirinya dan pejabat Kejari Batam lainnya.

"Saya hanya punya satu nomor. Masyarakat harus lebih waspada terhadap aksi penipuan, apalagi kejadian seperti ini sudah sering terjadi," pungkasnya.

Editor: Gokli