Toilet dan Fasilitas Lainnya di Kantor DPRD Batam Tak Terawat, Udin: Jauh dari Kata Layak
Oleh : Aldy
Sabtu | 26-08-2023 | 12:52 WIB
WC-Rusak.jpg
Salah satu toilet di Kantor DPRD Batam, rusak tak bisa digunakan. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi IV DPRD Batam, Udin P Sihaloho menyangkan sejumlah fasilitas di Kantor DPRD Batam, tak terawat hingga disebutnya jauh dari kata layak.

Sejumlah fasilitas yang dimaksud Udin, seperti toilet, wastafel hingga air. Di mana, kondisinya saat ini sangat memprihatinkan.

"Lebih bersih dan bagus lagi toilet di penjara daripada di kantor dewan ini. Orang yang masuk pasti risih melihatnya," ujar Udin P Sihaloho, Sabtu (26/8/2023).

Udin pun merasa aneh melihat sejumlah fasilitas yang tak terawat itu. Sebab, gedung yang merupakan simbol rumah rakyat itu memiliki anggaran yang cukup besar.

"Anggaran ada, tetapi saya tidak tahu ke mana? Karena yang saya lihat semua jauh dari kata layak," kesalnya.

Politikus PDI Perjuangan ini juga sangat menyayangkan karena kerusakan merata terjadi di semua toilet. Padahal keberadaan toilet sangat penting dalam suatu gedung. Kerusakan ini menimbulkan berbagai dampak.

Baik wastafel, toiletnya, hingga air, semua tidak terawat. Padahal, banyak kunjungan, baik dari masyarakat Batam dan Kepri, maupun dari luar daerah. Bagi anggota dewan dari daerah lain, wajah dari kantor ini bisa terlihat negatif karena kondisi fasilitas yang ada di kantor.

"Apa tidak malu kita nanti, kalau tamu mau ke toilet, tetapi fasilitasnya jelek. Ini harus menjadi perhatian dari Sekretariat Dewan (Sekwan). Saya paham gedung ini sudah lama usianya, dan memang sudah harus ada peremajaan. Ini kan bukan saja kantor, tetapi juga rumah rakyat," bebernya.

Ia berharap usulan untuk meningkatkan fasilitas di Kantor DPRD Kota Batam ini harus segera dilakukan. Peremajaan sudah menjadi keharusan.

"Saya rasa Sekwan harus turun dan mengecek kondisi kantor ini. Kalau memang butuh peremajaan, masukan usulan anggaran, agar bisa lebih layak kondisinya dari pada saat ini. Jangan seperti saat ini, ada pula tulisan WC rusak," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 DPRD Kota Batam, Muhammad Kamaludin, mengatakan kantor DPRD Batam memang sudah membutuhkan peremajaan. Dalam waktu dua tahun belakangan ini, sudah dua kali ada insiden kebakaran.

"Mungkin bertahap bisa dilakukan peremajaan. Karena ini kantor ya, ada banyak berkas dan lainnya. Menurut saya memang harus dilakukan peningkatan infrastruktur," tambahnya.

Editor: Gokli