Sambut HUT RI ke-78, Polda Kepri Gelar Kirab Kebangsaan Merah Putih
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 16-08-2023 | 19:01 WIB
Kirab-Merah-Putih1.jpg
Kirab Kebangsaan Merah Putih Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut hari kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia, Polda Kepri menggelar Kirab Kebangsaan Merah Putih yang dimulai dari Stadion Temenggung Abdul Jamal dan finish Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang, Rabu (16/8/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin Kapolda Kepri Irjen Pol Tabana Bangun dan dihadiri Pangkogabwilhan/yang mewakili, Ibu Ketua Bhayangkari Daerah Kepri, Danlantamal IV, Ka BNN Kepri, Kabinda, Pangkoarmada I, Ka Zona Bakamla Barat, Walikota Batam, Ketua DPRD Batam, Danyon Marhanlan IV, Dandenpom, Danlanud Batam, Danyon Marinir 10 SBY, Danyon Raider Khusus 136/TS, Ka imigrasi Kelas I, Kasrem, Pangkogabwilhan/yang mewakili, Forkopimda Provinsi Kepri, Forkopimda Kota Batam, PJU Satuan TNI/Polri, dan para peserta Kirab Merah Putih.

Kapolda Kepri dalam amanatnya mengucapkan rasa terimakasih kepada panitia dan peserta kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Dari awal pemberangkatan sampai di akhir garis finish yang dilanjutkan dengan kegiatan pemasangan bendera di salah satu monumen yang ada di wilayah Provinsi Kepri lebih tepatnya Kota Batam dan perjalanan yang ditempuh kurang lebih 17 kilometer.

"Saya mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan kirab kebangsaan, dan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini," ujar Kapolda.

Kapolda mengatakan bahwa tempat yang dituju ini adalah tempat yang memiliki nilai strategis dan memiliki nilai sejarah yaitu di Dendang Melayu Jembatan 1 Barelang. Kirab Kebangsaan merupakan salah satu rangkain kegiatan dalam rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78, termasuk pelaksanaan kegiatan pengibaran bendera di pulau terluar dan pengibaran bendera di pulau-pulau yang tidak berpenghuni.

"Kirab ini bertujuan sebagai upaya menjaga semangat persatuan dan kesatuan serta semangat kecintaan kita terhadap Kota Batam, terhadap Kepulauan Riau, dan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud bahwa kita semua siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan yang terus akan kita hadapi terutama di wilayah Kepulauan Riau," ungkapnya.

"Sekaligus juga kirab kemerdekaan yang kita laksanakan bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa perjuangan dalam mengisi kemerdekaan. Wujud dari kirab ini merupakan salah satu bentuk sinergitas dan juga bermakna membangun kesadaran antara semua elemen pemerintah dan masyarakat yang ada diwilayah Provinsi Kepri, sehingga menunjukan satu kesatuan kekompakan di dalam menghadapi dan mencegah ancaman yang mengancam NKRI, sehingga kirab merah putih ini merupakan simbol dari kebersamaan semua elemen masyarakat Provinsi Kepri. Dengan harapan nilai-nilai kesatuan kebangsaan keberagaman dalam bingkai kebhinekaan selalu tertanam di hati sanubari kita. Terus Melaju Menuju Indonesia Maju," terang Kapolda.

Adapun rute kirab kebangsaan dimulai dari Temenggung Abdul Jamal - SPBU Batamindo - Mall Top 100 - SPBU Cipta Asri - Mako Yonif 136/TS - Damkar Tembesi - hingga sampai di Dendang Melayu. Kegiatan ini diikuti oleh elemen TNI/Polri, ASN, Masyarakat, Insan Pers, mahasiswa dan pelajar yang berjumlah sebanyak 931 peserta membawa bendera secara beranting.

Editor: Yudha