Warga Batam Keluhkan Wajib Beli Tiket PP Bila ke Luar Negeri Lewat Bandara Hang Nadim
Oleh : Aldy
Selasa | 25-07-2023 | 12:04 WIB
wajib-tiket-PP.jpg
Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Aturan menunjukkan tiket pulang pergi (PP) bagi calon penumpang keberangkatan luar negeri melalui Bandara Hang Nadim, dikeluhkan masyarakat Batam. Aturan ini dirasa memberatkan, terlebih jika hal itu menjadi suatu kewajiban bagi WNI yang hendak ke luar negeri.

Hal ini dikeluarhkan AW, seorang pengusaha di Batam. Kala itu, petugas di Bandara Hang Nadim memintanya untuk menunjukkan tiket PP saat dirinya hendak terbang ke Subang, Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saya waktu itu mau ke Kuala Lumpur. Cuma petugas bandara mempertanyakan tiket pulang saya. Apakah ini wajib?" kata AW, mempertanyakan aturan baru di Bandara Hang Nadim itu, Selasa (25/7/2023).

AW menjelaskan, keberangkatan dirinya ke luar negri adalah sebuah kegiatan bisnis dan belum bisa dipastikan tanggal pulangnya dan lewat mana. Dengan adanya petugas yang mewajibkan dirinya membeli tiket pulang, hal itu membuat perjalanan bisnisnya jadi terkendala.

Di mana, dalam perjalanan bisnis yang biasa dilakukannya, perjalanan tidak hanya melalui satu kota atau negara. Dengan demikian, jalur kepulangannya kembali ke Tanah Air, tidak harus melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

"Saya berangkat melalui bandara di sini, itu untuk mempersingkat waktu. Kalau saya pulang ke Batam, kadang lewat Jakarta, kadang juga lewat laut dari Johor Baharu," ungkap AW.

AW juga meminta kepada pengelola Bandara Hang Nadim, bila ada aturan seperti itu agar disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat, supaya rute atau planning perjalanan masyarakat tidak terganggu dengan aturan tersebut.

"Saya juga belum paham betul, apakah ada aturan resmi seperti itu. Seandainya ada kebijakan khusus di Bandara Batam, ya sosialisasikan dong. Kalau seperti ini, rute perjalanan kita kan jadi kacau," imbuhnya.

Direktur PT Bandara Internasional Batam (BIB) Pikri Ilham Kurniansyah, belum memberikan tanggapan atas konfirmasi yang diajukan BATAMTODAY.COM lewat pesan WhatsApp.

Editor: Gokli