Catatan Safari Silaturahim Dr Aqua Dwipayana di Provinsi Kepri (Bagian-2)

Langsung Akrab dengan Area Manager BSI Batam Marwan
Oleh : Saibansah
Minggu | 02-07-2023 | 13:40 WIB
dr_aqua-langsung-akrab-01.jpg
Wartawan Majalah Siber Indonesia BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani (kanan) saat membersamai Dr Aqua Dwipayana saat bersilaturahim dengan Area Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Batam, Marwan (tengah). (Foto: Saibansah/J5NEWSROOM.COM)

USAI meninggalkan area kantor Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam, Senin 12 Juni 2023, pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana melanjutkan perjalanan safari silaturahim di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), dengan menemui Area Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Batam, Marwan, di ruang kerjanya.

Berikut lanjutan catatan wartawan BATAMTODAY.COM, Saibansah Dardani yang berkesempatan membersamaianya selama dua hari itu.

Pertemuan Dr Aqua Dwipayana dan Area Manager BSI Batam, Marwan pagi sekitar pukul 08.30 WIB, sebelum menyampaikan materi Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor BATAMTODAY.COM.

Itu adalah pertemuan pertama keduanya. Saya juga baru mengenal bankir muda itu. Kebetulan, Marwan juga belum genap setengah tahun bertugas di Batam. Maka, jadilah silaturahim pagi itu menjadi ajang kami saling mengenal dan memperkenalkan diri masing-masing.

Ternyata, Marwan adalah seorang bankir muda yang ramah dan mudah akrab. Apalagi, dalam pertemuan ini, Dr Aqua Dwipayana mendapatkan rekomendasi dan nomor kontak Marwan dari sahabatnya yang menjabat Wakil Pemimpin Wilayah BSI Medan, Sumatera Utara, Luthfi Bukhari. Maka, pertemuan keduanya pun langsung cair.

Selain dengan Luthfi, Dr Aqua Dwipayana juga berteman akrab sama Komisaris Utama BSI Prof Muliaman Darmansyah Hadad dan Wakil Direktur Utama BSI Bob Tyasika Ananta.

Dalam pertemuan itu, Dr Aqua Dwipayana memberi hadiah empat judul buku kepada Marwan. Tiga buku tentang silaturahim adalah karyanya sendiri. Yaitu, buku pertama yang berjudul "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi".

Buku kedua, "Humanisme Silaturahim Menembus Batas: Kisah Inspiratif Persahabatan Aqua Dwipayana-Ventje Suardana (Satu Kesamaan Yang Mampu Mengatasi Sejuta Perbedaan)". Ketiga, buku berjudul "Berkarya dan Peduli Sosial Gaya Generasi Milenial: Kisah Inspiratif Dua Bersaudara Alira-Savero Dwipayana Bergiat untuk Sesama". Dan, buku keempat berjudul, "Inspirasi Aqua Dwipayana --Produktif Sampai Mati" karya Erwan Widyarto.

Kedua buku terakhir karya Dr Aqua Dwipayana tersebut dipasarkan langsung ke pembelinya. Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2021 hingga Maret 2021 atau sekitar 3 bulan telah terjual sebanyak 26 ribu eksemplar. Sampai sekarang telah dicetak dua kali dengan jumlah 130 ribu eksemplar.

"Saya memasarkannya langsung ke pembeli. Tidak melalui toko buku dan media sosial. Dengan menggunakan cara itu saya ingin membuktikan sendiri betapa dahsyat dan luar biasanya kekuatan silaturahim. Itu sesuai dengan janji Tuhan," ujar Dr Aqua Dwipayana mengungkapkan kunci keberhasilan penjualan buku tersebut.

Buku pertama, "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi" diluncurkan pada 15 April 2016 bersamaan dengan promosi Doktor Komunikasi Aqua Dwipayana di Fikom Unpad Bandung. Awalnya ditulis dan diterbitkan dengan tujuan buat suvenir kegiatan tersebut.

Ternyata pesanan bukunya banyak sekali. Sampai sekarang sudah sembilan kali cetak sebanyak 170 ribu eksemplar. Setiap cetak rata-rata 20 ribu eksemplar. Buku itu masuk kategori super best seller.

Sebelum ujian terbuka itu, Dr Aqua Dwipayana sering menghadiri promosi doktor teman-temannya di berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia. Dari semua acara yang dihadirinya tidak ada satu pun suvenirnya yang menarik. Umumnya beli di toko dan dicap nama orang yang promosi doktor.

"Berdasarkan pengalaman itu, saya mau memberikan hadiah buku sebagai suvenir kepada seluruh tamu yang hadir. Saya ingin kesannya sesuatu banget, seperti jargon yang sering disampaikan penyanyi terkenal Syahrini," jelas Dr Aqua Dwipayana yang disambut senyum para peserta.

Mendapat hadiah empat judul buku itu, Marwan tak dapat menyembunyikan ekspresi gembiranya. Pagi-pagi, sudah dapat kunjungan silaturahim dan memperoleh hadiah buku-buku penuh inspirasi lagi. "Saya terima kasih ini Pak Aqua, sudah dikunjungi dan diberi hadiah buku-buku karya bapak," ujar Marwan.

Lalu, keduanya pun berbincang santai tentang banyak hal terkait perbankan. Terutama, soal musibah yang menimpa BSI. Yaitu, saat server ATM-nya diserang hacker yang mengakibatkan transaksi via mesin ATM BSI terganggu. Untungnya, masalah ini dapat segera diselesaikan dengan baik oleh manajemen BSI. Sehingga, tidak sampai merugikan para nasabah.

Kebetulan, saya sendiri juga nasabah BSI, begitu juga dengan istri dan anak-anak saya. Bahkan, anak saya gajinya ditransfer via payroll BSI. Memang ada sedikit gangguan transfer gaji anak saya ketika itu, tetapi tidak serius. Karena toh gajinya pun diterima tepat waktu. Alhamdulillah.

Silaturahim pagi itu tidak bisa berlama-lama, karena Dr Aqua Dwipayana sudah ditunggu oleh tim redaksi Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM dan tim redaksi BATAMTODAY.COM untuk sharing komunikasi dan motivasi.

Pertemuan Dr Aqua Dwipayana dan Marwan murni silaturahim. Tidak ada pembicaraan yang mengarah pada bisnis apalagi transaksi. Semuanya untuk saling mengenal dan bertukar informasi.

Editor: Dardani