Sharing Komunikasi di BATAMTODAY.COM, Dr Aqua Dwipayana: Perbaiki Kualitas Komunikasi!
Oleh : Redaksi
Minggu | 02-07-2023 | 11:27 WIB
A-AQUA-BTD.jpg
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat menyampaikan paparannya pada Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk

BATAMTODAY.COM, Batam - Agar bisa terus tumbuh dan bersaing dalam eksosistem media yang kian kompetitif di era digital, maka perusahaan media harus selalu memperbaiki kualitas komunikasi internalnya. Komunikasi internal yang baik sangat penting di perusahaan media yang merupakan sebuah proses komunikasi yang efektif antara tim dan setiap departemen dalam organisasi media untuk mendorong peningkatkan benefit bagi perusahaan.

Hal itu disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana pada Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk "Memperkuat Jaringan Demi Eksistensi Media" dengan tim redaksi media siber terverifikasi Dewan Pers di 'Kota Industri' Batam, BATAMTODAY.COM dan Majalah Siber Indonesia J5NEWSROOM.COM, Senin 12 Juni 2023.

Batamtoday.com adalah media siber pertama di Kepulauan Riau. Terbit perdana 16 tahun yang lalu, portal ini mengangkat tagline sebagai "Sumber Inspirasi Masyarakat Kepri". Tim redaksinya melakukan liputan umum dan memiliki wartawan dan kantor perwakilan di semua kabupaten/kota di provinsi itu. BATAMTODAY.COM merupakan media yang menjadi mitra kritis pemerintah dan institusi swasta lainnya.

Sementara itu, J5NEWSROOM.COM adalah Majalah Siber Indonesia yang mengangkat tagline "Mencerahkan dan Mencerdaskan". Ini adalah media pertama di Kepulauan Riau yang mengambil segmentasi pembaca milenial kritis. Fokus pada liputan-liputan pendidikan, internasional, sastra, dan budaya serta dunia milenial. Terbit perdana pada 17 Agustus 2022 lalu.

Dr Aqua Dwipayana melaksanakan kegiatan itu atas undangan pemimpin redaksi kedua portal tersebut yakni Saibansah Dardani. Mereka teman lama yang baru bertemu lagi. Setelah lama tidak berjumpa, Saibansah mantan assesor uji kompetensi wartawan nasional dari Persatuan wartawan Indonesia (PWI) itu melihat kiprah Dr Aqua Dwipayana yang luar biasa, sehingga tertarik untuk mengundang pria rendah hati tersebut buat memberikan pembengkalan kepada jajarannya.

Begitu mendapat undangan itu, Dr Aqua Dwipayana yang selama ini senang berbagi, menyampaikan kesediaannya. Jadwalnya yang padat membuatnya tidak bisa langsung memenuhinya. Ketika ada waktu kosong, langsung ke kantor BATAMTODAY.COM di Komplek Oriana Blok A. 02 No. 08 Batam Centre Kota Batam

Kedua portal tersebut menjadi tempat pertama yang dikunjungi pria yang hobi silaturahim itu setelah mendarat di Batam. Saibansah menjemputnya di Bandara Hang Nadim Batam.

Menurut Dr Aqua Dwipayana, komunikasi internal yang bagus akan berujung pada terciptanya kolaborasi yang lebih baik. Komunikasi yang baik memungkinkan tim di berbagai departemen untuk bekerja sama secara efisien. Mereka dapat berbagi informasi, gagasan, dan sumber daya dengan lancar, meningkatkan kolaborasi dan produktivitas.

"Komunikasi yang jelas dan terbuka juga membantu menghindari salah pengertian dan memastikan bahwa semua anggota tim memahami tugas dan tanggung jawab mereka. Hal ini meminimalkan kesalahan atau kebingungan yang dapat terjadi karena kurangnya komunikasi," kata pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut.

Melalui komunikasi yang baik pula, lanjut Dr Aqua Dwipayana, informasi dan masukan dapat ditukar dengan cepat antara anggota tim dan manajemen. Ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi.

"Komunikasi yang terbuka dan transparan akan membangun kepercayaan dan menjaga semangat tim. Ketika anggota tim merasa didengar dan dipertimbangkan, mereka cenderung lebih termotivasi dan terlibat dalam pekerjaan mereka. Dengan komunikasi yang baik, masalah internal dapat diidentifikasi dan diatasi dengan cepat. Diskusi terbuka memungkinkan tim untuk berbagi perspektif," kata Dr Aqua Dwipayana menguraikan.

Untuk mewujudkan itu, pria yang pernah bekerja di berbagai media besar tersebut menyarankan agar kedua portal berita itu meningkatkan dan memperkuat komunikasi di internal. Antarbagian harus kompak dan saling mendukung.

"Setiap pegawai harus meniatkan bekerja di perusahaan sebagai ibadah. Penekanan hal ini sangat penting agar semuanya selalu kerja ikhlas dan totalitas. Tidak hitung-hitungan," ujar pria yang telah memotivasi lebih dari sejuta orang baik di Indonesia maupun di puluhan negara ini.

Jika meniatkan bekerja sebagai ibadah, lanjut Dr Aqua Dwipayana maka semua pegawai serius dan sungguh-sungguh mengoptimalkan kinerjanya. Targetnya menghasilkan yang terbaik.

Semua pegawai, lanjut pria yang hobi membantu banyak orang ini harus yakin memiliki potensi yang besar dalam diri masing-masing. Kalau konsisten mengembangkan dan mengoptimalkan, secara signifikan akan menguntungkan buat dirinya dan perusahaan.

"Setiap pegawai harus yakin dengan potensi dirinya. Kemudian mengoptimalkannya sehingga memberikan manfaat buat dirinya dan perusahaan. Jika hal itu bisa dilakukan bagus sekali," ucap Dr Aqua Dwipayana.

Untuk itu, pria yang menulis buku "super best seller" Trilogi The Power of Silaturahim ini mengingatkan agar semua pegawai bersama-sama mewujudkan komunikasi internal yang efektif. Sehingga komunikasinya lancar.

Selama ini, tambah Dr Aqua Dwipayana, masalah yang sering terjadi di banyak perusahaan termasuk di media, komunikasi internalnya lemah. Hal itu secara signifikan berpengaruh pada kinerja perusahaan.

"Kunci utama mewujudkan komunikasi internal yang efektif adalah semua pegawai tanpa terkecuali harus saling menghargai. Sedangkan pimpinan selalu memberikan keteladanan sehingga seluruy jajarannya meneladaninya," tutur doktor Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran ini.

Dr Aqua Dwipayana yang sering berbicara di berbagai media mengatakan jika komunikasi internalnya sudah baik maka akan berpengaruh pada komunikasi eksternal. Hal ini ada mempermudah dan memperlancar berkomunikasi dengan pihak manapun.

Jangan Transaksional

Terkait komunikasi eksternal, ungkap Dr Aqua Dwipayana, media butuh konsistensi untuk menjaga, memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan silaturahim dengan ikhlas. Itu dilakukan kepada semua orang tanpa melihat latar belakangnya. Jangan hanya saat butuh baru menghubungi seseorang.

Pria yang sejak puluhan tahun lalu konsisten melaksanakan silaturahim dengan ikhlas menceritakan pengalamannya yang sangat menarik berkomunikasi dengan banyak orang termasuk para narasumbernya saat masih jadi wartawan. Aktivitas itu sangat menyenangkan baginya sehingga melakukannya dengan penuh suka cita.

Hasilnya dahsyat dan luar biasa. Sampai sekarang masih berkomunikasi baik dengan orang-orang yang dikenalnya sejak puluhan tahun lalu. Mereka respek sekali padanya, bahkan sangat menghargai Dr Aqua Dwipayana yang kiprahnya luar biasa terutama memotivasi banyak orang.

Sikap positif tersebut muncul karena persahabatannya tulus dan ikhlas. Tidak transaksional. Hanya bersikap baik kalau membutuhkan saja.

"Terkait silaturahim selama puluhan tahun saya mengamati kelemahan kebanyakan orang termasuk di Indonesia adalah memelihara hubungan. Umumnya baik kepada seseorang jika membutuhkan sesuatu. Padahal yang terbaik adalah selalu menyapa ada atau pun tidak ada urusan dengan orang tersebut," tutur Dr Aqua Dwipayana.

Oleh anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Pusat itu kelemahan tersebut dijadikannya sebagai kekuatan. Selama puluhan tahun bapak dua anak ini rajin dan intens menyapa para koleganya. Melakukannya dengan tulus dan ikhlas tanpa sedikit pun ada pamrih.

Dr Aqua Dwipayana konsisten melaksanakan silaturahim kepada banyak orang. Setiap melakukan aktivitas mulia itu, energinya selalu bertambah. Hal itu membuatnya tidak pernah lelah bersilaturahim dari pagi hingga menjelang dinihari.

Seiring dengan itu, pria yang hobi membaca ini hampir setiap hari memetik hasilnya. Di mana pun berada baik di dalam negeri maupun di luar negeri, selalu mendapat berbagai kemudahan.

Semua hasil yang dirasakan itu membuat Dr Aqua Dwipayana menjadi ketagihan melaksanakan silaturahim dengan ikhlas. Meski waktunya singkat selalu berusaha melakukannya. Baginya yang terpenting bukanlah kuantitasnya tapi adalah kualitasnya.

Pria yang berasal dari Padang, Sumatera Barat ini sengaja menceritakan pengalamannya itu agar teman-temannya di media dapat mencontohnya. Sekaligus membuktikan bahwa rajin silaturahim dengan ikhlas bakal menambah rezeki. Juga memperpanjang umur.

"Mulai sekarang silakan secara konsisten dipraktikkan. Setelah itu rasakan hasilnya yang dahsyat dan luar biasa. Selama puluhan tahun saya telah membuktikannya sehingga ketagihan untuk terus melakukannya," kata Dr Aqua Dwipayana sambil tersenyum.

Rezeki Bukan hanya Uang

Bagi Bapak dari Alira Vania Putra Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana itu rezeki tidak semata-mata uang. Menurutnya materi adalah bagian terkecil dari rezeki dan jumlahnya relatif.

Kesehatan adalah rezeki yang utama baginya. Itu terutama makin terasa tiga tahun terakhir selama pandemi Covid-19. Banyak orang termasuk yang memiliki harta berlimpah, harus "menyerah" saat melawan penyakit ini. Ketika terpapar Covid-19 mereka tidak berdaya. "Hartanya yang banyak tidak mampu mengatasi masalah kesehatan. Sehingga mereka yang kesehatannya prima harus bersyukur karena mendapatkan rezeki yang luar biasa dari Tuhan," terang Dr Aqua Dwipayana.

Rezeki yang kedua, Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik ini melanjutkan adalah memiliki banyak teman dan saudara di berbagai kota di dunia. Dengan punya sahabat di mana-mana melangkah ke mana saja enak karena bakal mendapat kemudahan.

Dr Aqua Dwipayana mencontohkan dirinya yang selama 18 tahun terakhir terus bergerak. Untuk penginapan, mobil, dan sopir sama sekali tidak ada masalah karena banyak yang membantu. Bahkan sering harus bersikap adil karena yang mengajukan tawaran menyiapkan fasilitas itu sampai tiga orang bahkan lebih.

Tidak hanya itu, karena temannya banyak dan di mana-mana, Dr Aqua Dwipayana bertubi-tubi menerima undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Satu per satu berusaha dipenuhinya aga panitia yang mengundang tidak kecewa.

Rezeki yang ketiga adalah mendapatkan amanah dari banyak orang dan institusi. Seperti yang sekarang dialami para pegawai yang bekerja di media yang merupakan perusahaan sangat kredibel di dunia

Semua amanah itu menurut Dr Aqua Dwipayana nilainya mahal sekali. Tidak dapat digantikan oleh uang berapa pun juga. Untuk itu selalulah bekerja secara maksimal menghasilkan kinerja yang optimal.

Motivator ulung itu kemudian menyinggung semua amanah yang diperolehnya dari Saibansah untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajarannya di batamtoday.com dan j5newsroom.com. Baginya kepercayaan itu melebihi materi berapa pun juga.

"Di luar sana banyak motovitor dan pakar Komunikasi yang jauh lebih hebat dari saya. Mas Saibansah bisa saja mengundang mereka ke acara ini. Namun saya yang paling beruntung karena mendapatkan amanah ini dari beliau," tutur Dr Aqua Dwipayana serius.

Mantan pegawai Semen Cibinong ini melanjutkan begitu mendapat amanah maka niat, tekad, semangat, dan upayanya adalah melakukannya secara maksimal. Sehingga yang mengundang puas dan di kemudian hari akan memberikan amanah kembali.

"Tidak hanya itu. Mereka yang merasa puas dengan semua layanan yang diberikan tanpa diminta akan menceritakan ke relasinya. Ini pemasaran yang sangat efektif dan sama sekali tidak ada biayanya," terang Dr Aqua Dwipayana.

Rezeki yang terakhir atau keempat adalah dalam bentuk materi. Jumlahnya relatif. Besar kecilnya tergantung pada sikap setiap orang yang menerimanya. "Mereka yang terbiasa bersyukur berapa pun materi yang diterimanya pasti membuatnya senang dan bahagia. Apalagi menyadari bahwa paling utama adalah keberkahannya, bukan jumlahnya secara nominal," papar Dr Aqua Dwipayana.

Mereka yang selalu bersyukur, tambah pria kelahiran Pematang Siantar, 23 Januari 1970 itu, sangat sadar bahwa semua materi yang dimiliki sama sekali tidak dibawa mati. Amal ibadahlah yang bakal menyelamatkan seseorang di akhirat kelak.

Komunikasi Efektif

Dr Aqua Dwipayana yang menulis buku "super best seller" berjudul "The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi" ini lebih jauh menguraikan untuk meraih kesuksesan apapun pekerjaan yang dijalani, setiap orang harus memiliki kompetensi komunikasi yang efektif. Hal ini menjadi kunci dalam keberhasilan pelayanan.

Efektivitas komunikasi dapat dijalankan dengan rumus REACH Plus A+C. Hal ini mengacu pada lima aspek yakni Respect atau perhatian yaitu di mana saja, kapan pun, kepada siapa pun selalu menghormati jangan pernah meremehkan.

"Sebagian besar orang yang berhubungan dengan media menginginkan layanan terbaik. Langsung layani sesuai standar yang ada. Jangan diskriminatif karena kita juga tidak mau dibegitukan," pesan penulis banyak buku "super best seller" ini

Dr Aqua Dwipayana mengingatkan agar melayani jangan melihat dari penampilan seseorang. Kenapa? Sebab tampilan luar setiap orang tidak mencerminkan dalamnya. Apalagi tidak semua orang yang datang diketahui latar belakangnya.

Kemudian Empati atau bisa menempatkan diri yaitu bagaimana merasakan apa yang dirasakan orang lain. Dengan bersikap seperti itu pasti menimbulkan kepedulian kepada sesama.

"Selanjutnya Audible atau dapat dimengerti yaitu semua yang disampaikan dengan mudah dipahami seluruh orang meski latar belakang termasuk pendidikannya berbeda-beda. Untuk melengkapi itu maka perlu Clarity atau penyampaiannya menggunakan kalimat terbuka dan sederhana. Terakhir adalah Humble atau rendah hati, tidak ada yang perlu disombongkan. REACH akan sangat berarti jika dilengkapi dengan huruf 'A dan 'C' yakni Action dan Consistency atau Tindakan nyata dan cepat serta Konsistensi dalam pelaksanaannya," pungkas Dr Aqua Dwipayana.

Di awal acara dalam sambutannya Saibansah menyampaikan terima kasih kepada Dr Aqua Dwipayana atas kehadirannya di kantor batamtoday.com dan j5newsroom.com. Meskipun jadwalnya sangat padat.

Bagi medianya, tambah Saibansah, kehadiran Dr Aqua Dwipayana merupakan kehormatan sekaligus rezeki. "Kenapa? Orang sekaliber Mas Aqua Dwipayana yang jadwalnya padat sekali, mau ke sini. Memberi rezeki karena kehadirannya untuk mencerahkan semua pegawai BATAMTODAY.COM dan J5NEWSROOM.COM. Pasti kunjungan beliau ke sini sangat bermanfaat buat perusahaan kita," ujar Saibansah.

Kepada semua yang hadir pria yang taat beribadah itu meminta agar serius menyimak yang disampaikan Dr Aqua Dwipayana. Setelah itu melaksanakannya dalam kegiatan sehari-hari untuk kemajuan perusahaan.

Editor: Dardani