Terima Kunjungan Media, Cladtek: Mari Bersama Membangun Industri Pipa Minyak Gas dan Energi Tanah Air
Oleh : Aldy Daeng
Kamis | 22-06-2023 | 16:36 WIB
cladtek1.jpg
CEO Cladtek Group, Lee Wilson mengajak awak media berkeliling perusahaan. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek) menerima kunjungan media nasional dan lokal Batam, Rabu (21/6/2023) sore. Hal itu dalam upaya menjalin komunikasi dan membangun hubungan baik dengan media dan pemangku kepentingan.

Disambut langsung oleh jajaran Direksi Cladtek, para awak media diajak keliling pabrik sekitar lebih dari 20.000 m2 yang berdiri di kawasan Batu Ampar, Batam.

Dalam kesempatan baik tersebut, CEO Cladtek Group, Lee Wilson mengaku senang dan menyatakan terimakasih atas dukungan masyarakat melalui media-media terhadap upaya yang telah dilakukan Cladtek selama 20 tahun, sejak mulai beroperasi tahun 2003 hingga saat ini.

Menurutnya, dukungan media-media utama ini sangat dibutuhkan Cladtek untuk bersama-sama membangun industri pipa minyak, gas dan energi di Tanah Air yang tergolong langka.

"PT Cladtek BI Metal Manufacturing (Cladtek), adalah perusahaan multinasional yang konsisten memberikan perhatian penuh terhadap upaya pemenuhan rantai pasokan Dalam Negeri yang diukur dalam Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)," ungkap Lee Wilson.

Lee menjelaskan, berkat upaya dan kerja kerasnya, Cladtek sudah berhasil memenuhi standar, kini produk Cladtek telah digunakan oleh global player. Bahkan Cladtek juga sudah memenuhi standar TKDN dalam negeri.

"Kami, Cladtek tidak akan berhenti dengan pencapaian tersebut," tegas Lee Wilson.

Dengan dukungan para pemangku kepentingan, Lee melanjutkan, Cladtek akan terus mengembangkan inovasi-inovasi produknya dalam rangka meningkatkan TKDNnya demi mendapatkan sertifikasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pemerintah.

Sejauh ini sudah ada puluhan produk Cladtek berhasil mencapai angka TKDN, sekitar belasan persen hingga lebih dari 50 persen tergantung jenis produknya.

"Dengan portofolio yang mencakup produk cladding weld overlay untuk pipa, fittings, flange dan Mechanically Lined Pipe (MLP) untuk pipa, serta Hot Induction Bending dan semua komponen terkait, Cladtek akan terus memberikan yang terbaik," ucap Lee Wilson.

Cladtek akan terus meningkatkan sertifikasi TKDN-nya sesuai dengan kebijakan pemerintah. Salah satu inovasi terbaru karya anak bangsa adalah Rapid Pipe, Mechanically Lined Pipe (MLP) yang memiliki ulir dan konektor di ujung pipa. Inovasi ini membuat instalasi akan lebih cepat, lebih cost efficient dan juga dapat dipakai kembali konektornya.

"Produk ini juga akan memberikan cycle life yang jauh lebih tinggi dibandingkan MLP konvensional. Tidak hanya peningkatan TKDN, Cladtek juga memberikan multiplier effect terhadap investasi penanaman modal asing, sekaligus memberikan lapangan kerja untuk ribuan orang," ujar Lee Wilson.

Disaat yang sama, SVP People & Culture Cladtek Group, Iban S. Safwan, menyebutkan, Cladtek adalah salah satu penyumbang devisa terbesar untuk lined pipe di Indonesia.

"Teknologi terbaru Cladtek yang kami produksi di Batam telah menyebar ke seluruh dunia, seperti di Brasil dan Arab Saudi," ungkap Iban S. Safwan.

Iban memaparkan, selain transfer inovasi teknologi ke luar negeri, Cladtek juga mengirimkan profesional untuk membantu penerapannya. Diantaranya, pengembangan otomatisasi, desain produk dan dukungan lainnya di Indonesia yang diterapkan secara global.

Saat ini, kata Iban, Cladtek telah menempatkan sekitar 65 ora6lulusan Indonesia di Arab Saudi untuk bekerja bersama dengan karyawan setempat. "Kami melatih pengelas di Indonesia untuk keahlian weld overlay," papar Iban.

Bagi Cladtek, inti dari program-program inovasi yang dijalankan adalah efisiensi yang berarti memberikan manfaat sebesar-besarnya. Dengan menggunakan tenaga kerja lokal dan membeli bahan baku dari produsen lokal pula, selain akan mendukung industri di Tanah Air, juga akan menjaga uang tetap berputar di dalam negeri.

"Kami yakin, Cladtek mampu melahirkan teknologi dan kualitas setara atau lebih baik dari pemain-pemain utama, terutama dalam manufaktur MLP," tegas Iban lagi.

Dengan bekal semangat dan optimisme yang dimiliki, kedepan Cladtek diharapkan akan semakin eksis di industri minyak dan gas, termasuk di energi geothermal yang berkelanjutan.

"Kami ingin membawa perubahan yang lebih baik. Dengan kapabilitas yang kami miliki, kami berharap akan dapat hadir di semua negara. Saat ini kami sedang mengembangkan fasilitas fabrikasi untuk membawa Cladtek ke level berikutnya," ungkap Iban Salda.

"Target kami berikutnya adalah meningkatkan pendapatan dua kali lipat dengan menciptakan permintaan global untuk industri minyak dan gas," pungkasnya.

Cladtek (https://cladtek.com/) adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang jasa industri yang menggunakan material logam untuk keperluan industri. Beroperasi di kawasan Batu Ampar, Batam, Indonesia.

Cladtek memiliki kuota produksi Pipa Cladding terbesar di Indonesia. Bahkan salah satu produk pipa berteknologi MLP hasil pabrikannya termasuk yang terbesar di dunia. Lebih dari 95 persen produk Cladtek adalah produk ekspor. Memiliki spesialisasi CRA (Corrosion Resistant Alloy), PT Cladtek melakukan produksi CRA dengan tipe MLP dan Weld Overlay yang diaplikasikan khusus untuk fasilitas oil dan gas seperti sumur gas atau sumur minyak.

Hingga sekarang, Cladtek termasuk salah satu pemasok las Corrosion Resistant Alloy (CRA) dan CRA mechanically lined pipe (MLP) terbesar di dunia. Cladtek mulai beroperasi sejak November 2003, pada mulanya hanya sebuah pabrik kecil dan sederhana oleh beberapa orang dengan fasilitas 2 kontainer saja. Kini, dengan bertambahnya jasa dan produk layanan, Cladtek telah berkembang secara global hingga tidak hanya memiliki fasilitas manufaktur di Batam, Indonesia, melainkan juga di Brasil dan Arab Saudi.

Editor: Yudha