Alami Hemiparesis, Satu Jemaah Haji Asal Batam Meninggal di Tanah Suci
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 13-06-2023 | 17:56 WIB
jemaah-haji-batam1.jpg
Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu orang jemaah haji asal Batam meninggal di tanah suci Kota Makkah karena menderita penyakit Hemiparesis.

Hemiparesis merupakan suatu penyakit dengan kelumpuhan parsial pada satu sisi tubuh yang dapat memengaruhi lengan, kaki, dan otot wajah.

Sekretaris PPIH Embarkasi Batam, Syafi'imenjelaskan, jemaah tersebut bernama Nurdin Shalahuddin bin Selamat (70) Embarkasi Batam.

"Iya benar ada satu orang asal Batam. Kita sudah beritakan ke Kanwil juga," ujar Syafi'i, melalui sambungan telepon, Selasa (13/6/2023)

Syafi'i menjelaskan, Nurdin memang memiliki riwayat sakit sejak masih di Batam. Setibanya di Madinah dan Makkah, ia juga sempat mendapatkan perawatan karena dalam kondisi kesehatan menurun dan fisik mulai melemah.

Namun, ia tetap memaksakan diri untuk beribadah di tanah suc. Nurdin akhirnya dinyatakan meninggal dunia, pada Selasa (13/6/2023).

"Sampai Madinah langsung masuk rumah sakit juga. Tapi dipaksakan juga. Tiba di Makkah masuk rumah sakit lagi, terus fisiknya down," terang Syafi'i.

Kini jenazah pria yang pergi berangkat haji bersama sang istri itu langsung dimakamkan di tanah suci. Sebelumnya, ia tergabung dalam kloter tiga Embarkasi Batam.

Editor: Yudha