Jelang Latma SS23, Kapal Perang India Tiba di Dermaga Batu Ampar Batam
Oleh : Putra Gema
Senin | 15-05-2023 | 10:04 WIB
INS-Kavaratti-P31.jpg
Proses penyambutan Kapal Perang India, INS Kavaratti-P31 di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (14/5/2023) sore. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal Perang India, INS Kavaratti-P31, bersandar di Dermaga Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau, Minggu (14/5/2023) sore.

Penyambutan kapal perang India tersebut diawali dengan tarian adat melayu serta pengalungan kain tenun kepada Komandan INS Kavaratti-P31, Komandan Rohit Raymond Kattoju. Turut hadir Komandan KRI SIM-367, Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo, selaku Dansatgas latihan yang akan melaksanakan latihan bersama (Latma) Samudera Shakti 23 (SS23).

Danlantamal IV Batam, Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, mengatakan kedatangan kapal perang India tersebut menyusul KRI Sultan Iskandar Muda-367 yang telah tiba mendahului untuk melaksanakan Latma SS23 yang diselenggarakan sejak tanggal 15 sampai dengan 19 Mei 2023.

"Indonesia dan India memiliki kerja sama yang baik di berbagai bidang. Secara historis, kedua negara telah memiliki hubungan yang kuat dan berlangsung sejak lama. Oleh sebab itu, TNI AL bertanggung jawab untuk mempertahankan dan meningkatkan kerja sama dan hubungan terutama dalam hal pertahanan," kata Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani.

Ia menjelaskan, latihan ini bertujuan untuk memperkuat ikatan bilateral tersebut, meningkatkan saling pengertian dan meningkatkan interoperabilitas antara operasi maritim kedua Angkatan Laut.

"Selain itu, latihan ini akan berfungsi sebagai forum untuk pertukaran pengalaman dan pengembangan pemahaman bersama tentang operasi keamanan maritim," tutupnya.

Editor: Gokli