Sidak Kantor Camat Batam Kota, Amsakar Ingin Pelayanan Masyarakat Tetap Optimal
Oleh : Aldy
Rabu | 26-04-2023 | 13:00 WIB
Ams-Batam-Kota.jpg
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat sidak di Kantor Camat Batam Kota, Rabu (26/4/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wakil Wali Kota Amsakar Achmad melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah tempat pelayanan publik yang ada di Kota Batam. Salah satunya Kantor Camat Batam Kota, Rabu (26/4/2023).

Inspeksi dilakukan guna menjaga performa pelayanan pemerintah Kota Batam terhadap masyarakat, agar para Aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas bisa memberikan pelayanan terbaik pascacuti bersama.

"Kami minta agar pelayanan bisa berjalan dengan optimal. Saya sudah panggil para pegawai agar memberikan pelayan terbaik kepada warga," kata Amsakar.

Saat inpeksi, Amsakar mengecek sejumlah pegawai yang di Kantor Camat Batam Kota. Hasilnya, terdapat dua orang yang tidak hadir dari total keseluruhan 98 orang ASN maupun honorer di tempat itu. Menurutnya, aktivitas pelayanan berjalan dengan normal.

"Saya sangat puas, mudah-mudahan di titik lain juga seperti ini, ada yang tidak hadir 2 orang itu, memang sedang cuti," jelasnya.

Lanjut Amsakar, pihaknya tak ingin ada stigma negatif dari masyarakat terkait pelayanan publik yang lambat, bahkan sampai tertunda akibat tidak adanya pegawai pascalibur lebaran.

Ia juga mengingatkan agar ASN di Kota Batam menjalan arahan Wali Kota Muhamad Rudi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, menampilkan wajah birokrasi yang responsif, peka dan melayani. "Karena kalau sudah ada satu pelayanan yang terhambat, ini akan merembet kesemuanya. Jangan sampai ada generalisasi seperti itu," sebutnya.

Amsakar menjelaskan, pada rapat terbatas, dirinya juga menyampaikan kepada bagian pelayanan publik, agar semua permasalahan pelayanan kepada masyarakat, bisa diminimalisir. Apabila ada persoalan yang muncul, bisa segera dicarikan solusi, sehingga masyarkat tidak menjadi korban dari keterlambatan pelayanan.

"Pada intinya tidak persoalan yang krusial. Semua bisa diatasi terkait pelayanan," katanya.

Ditambahkannya, saat ini persoalan yang masih sering terjadi itu pada saat pemilihan RT dan RW, hal itu juga sudah menjadi atensi dari Pemko Batam. "Saya juga sudah instruksikan kepada Sekcam dan Lurah, agar hal ini betul-betul diperhatikan. Mulai dari tatib dan pelaksanaan aturan yang lainya," pungkas Amsakar Achmad.

Editor: Gokli