Jelang Idul Fitri, Kejari Batam Peringatan Nuzulul Quran
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 18-04-2023 | 11:53 WIB
Nuzulul-Quran1.jpg
Kejari) Batam menggelar peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H / 2023 M di Aula Kantor Kejari Batam, Senin (17/4/2023) malam. (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menggelar peringatan Nuzulul Qur'an 1444 H / 2023 M di Aula Kantor Kejari Batam, Senin (17/4/2023) malam.

Kajari Batam, Herlina Setyorini, mengatakan peringatan Nuzulul Qur'an merupakan salah satu wujud syukur untuk mengenang turunnya Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.

"Peringatan Nuzulul Qur'an adalah momentum membumikan Al -Quran dengan mencintai, membaca dan mengamalkan Al -Quran," kata Herlina.

Dikatakan Herlina, peringatan Nuzulul Qur'an tidak hanya dijadikan sebagai salah satu kegiatan seremonial semata di bulan suci ramadhan. Namun, kata dia, momentum ini sebagai pengamalan, menghayati dan mengetahui lebih jauh apa yang terkandung dalam Al Quran agar menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Makna yang terpenting dalam memperingati Nuzulul Qur'an, berkaitan erat dengan pegangan hidup. Selain itu, sebagai pedoman serta arah kehidupan seluruh umat manusia pada masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

Masih kata Herlina, kegiatan peringatan Nuzulul Quran yang dilaksanakan Kejari Batam merupakan bentuk syiar islam, sekaligus upaya memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. "Tentunya, kita dapat dapat mengambil hikmahnya. Dan, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kajari Batam pun mengajak kepada seluruh umat Islam khususnya warga Adhyaksa di Kejari Batam untuk selalu membaca dan mengamalkan Alquran sebagai pedoman hidup.

"Saya tegaskan, kegiatan ini merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT, sekaligus sarana meningkatkan jalinan silaturahmi, menjaga persaudaraan dan kekeluargaan serta kebersamaan keluarga besar di Kejari Batam," pungkasnya.

Editor: Gokli