Lokasi Shalat Idul Fitri 1444 H di Kota Batam Diperkirakan Capai 600 Titik
Oleh : Aldy Daeng
Rabu | 12-04-2023 | 09:56 WIB
kepala_kemenag-batam-020213.jpg
Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain Umar ditemui usai menghadiri rapat persiapan salat Idul Fitri di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (11/4/2023). (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Agama Kota Batam memperkirakan sedikitnya ada 600 titik lokasi shalat Idul Fitri 1444 H/2023 M, baik di lapangan maupun masjid. Jumlah ini berdasarkan data masjid dan musala yang ada dalam sistem Kemenag Batam yakni 1.500 masjid/musala.

Kepala Kantor Kemenag Batam, Zulkarnain Umar, mengatakan, estimasi titik shalat setiap tahun selalu meningkat. Jika tahun lalu hanya ada 525 titik, diperkirakan jumlahnya meningkat tahun ini. Hal tersebut dikarenakan bertambahnya pendirian rumah ibadah di beberapa lokasi di Kota Batam.

"Biasanya kalau mereka gelar di lapangan itu gabungan beberapa masjid dan musala. Namun untuk pusat salat Idul Fitri tetap di Dataran Engku Putri untuk tingkat Kota Batam," kata dia usai menghadiri rapat persiapan salat Idul Fitri di Kantor Wali Kota Batam, Selasa (11/4/2023).

Zulkarnain mengungkapkan, selain di Dataran Engku Putri, pelaksanaan shalat Idul Fitri juga akan digelar di Masjid Mahmud Riwayat Syah Tanjung Uncang, dan Masjid Baiturahman Sekupang.

"Khusus Baiturahman Sekupang masih belum diputuskan, karena ada masukan untuk digelar di lapangan Sekupang," ungkapnya.

Mmenurutnya, finalisasi data titik shalat ini akan ditutup mendekati pelaksanaan shalat Idul Fitri. Saat ini, kata dia, tim masih terus mendata titik shalat di setiap kecamatan yang ada. Perkembangan selanjutnya juga akan dilaporkan kepada pimpinan daerah.

"Biasanya sepekan jelang salat Idul Fitri sudah lengkap datanya. Perkiraan akan lebih dari 600 titik shalat," ujarnya.

Ia mengimbau kepada jemaah untuk bisa mengikuti pelaksanaan shalat sesuai dengan syariatnya. Mendengarkan khutbah merupakan salah satu yang sering dilupakan dan ditinggalkan jamaah.

"Biasanya usai shalat, langsung pada pergi. Padahal momen mendengarkan khutbah ini menambah nilai pahala ibadah. Jadi jangan usai shalat langsung pergi. Ini akan mengurangi makna dalam ibadah, meskipun shalat sunat," terang Zulkarnain.

Ditambahkan Zulkarnain, terkait jemaah yang membawa peralatan shalat dan membawa alas koran, diharapkan bisa membersihkan tempat usai selesai salat.

"Ini juga penting. Jangan sampai ada sampah yang berserakan usai shalat. Jadi mohon jaga juga kebersihan tempat pelaksanaan shalat Idul Fitri," imbaunya.

Editor: Gokli