Seibeduk dan Batuaji Dikepung Banjir, Aktivitas Masyarakat Lumpuh
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 01-03-2023 | 12:24 WIB
banjir-seibeduk.jpg
Salah atu rumah warga yang kebanjiran di Pondok Graha, Seibeduk, Kota Batam. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan dengan intensitas tinggi sejak pagi hingga malam pada Selasa (28/2/2023) membuat beberapa wilayah di Kota Batam terendam banjir.

Terparah banjir menghantui warga di Kecamatan Seibeduk dan Batuaji. Sejumlah titik di wilayah tersebut teredam banjir, di antaranya 5 lokasi pemukiman warga di Kelurahan Mangsang, Seibeduk dan pemukiman warga di belakang Kantor Lurah Buliang, Kecamatan Batuaji.

Ratusan warga terpaksa harus diungsikan ke rumah ibadah yang tidak teredam banjir dan fasilitas umum seperti Kantor Lurah. Akibatnya, aktivitas masyarakat lumpuh sejak malam kemarin hingga saat ini.

Hujan yang masih melanda hingga Rabu (1/3/2023) siang, membuat air terus menggenangi rumah-rumah warga. Bahkan, sejumlah perabotan rumah tangga dan peralatan elektronik banyak yang rusak akibat terendam banjir.

"Air sudah masuk ke rumah sejak sore karena hujan tidak berhenti. Kami terpaksa mengungsi," kata Teja warga Puri Agung, Seibeduk.

Warga sekitar menyebut, lokasi yang terendam banjir ini selama ini memang lokasi rawan, sebab merupakan lokasi yang lebih rendah. Sistem drainase yang tidak berfungsi maksimal akibat tersumbat sampah dan tanah memperburuk lingkungan sekitar.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi langsung memerintahkan para Camat dan Dinas terkait dibantu Badan Pengusahaan Batam, melakukan tahapan siklus penanggulangan bencana alam. Seperti pra-bencana, tanggap darurat, dan pascabencana, meliputi rekonstruksi dan rehabilitasi.

Para petugas tersebut langsung turun melakukan pantauan wilayah masing-masing dan mengatasi kedaruratan akibat limpahan air yang luar biasa.

Editor: Gokli