Dinakhodai Jhon Barus, Pengurus Bapera Kepri Periode 2023-2028 Segera Dilantik
Oleh : Redaksi
Senin | 27-02-2023 | 18:33 WIB
001122_bapera-0112.jpg
Ketua Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Kepri Periode 2023-2028, Jhon A. Barus. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pengurus Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) telah membentuk kepengurusan di Kepulaun Riau (Kepri). Adapun DPD Bapera Kepri Periode 2023-2028, yang akan dilantik pada Kamis (2/3/2023), dinahkodai Jhon A. Barus atau akrab disapa (JB).

Pelantikan Pengurus DPD Bapera Kepri Periode 2023-2028 akan dilangsungkan di Baverly Hotel, Kota Batam, yang akan dihadiri langsung Ketua Umum DPP Bapera Fahd El Fouz Arafiq.

Dikatakan JB, organizing committee (OC) atau kepanitiaan yang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan pelantikan telah dipercayakan kepada Dr. Madsihit, termasuk menyusun susunan struktur DPD Bapera Kepri dan 7 kabupaten/kota.

"Pelantikan nanti akan dihadiri langsung oleh Ketua Umum Fahd El Fouz Arafiq. Dan untuk kepengurusan sudah lengkap, yang bergabung dari berbagai latar belakang dan profesi. Semoga kehadiran Bapera di Kepri ini bisa dirasakan oleh masyarakat," kata JB, Senin (27/2/2023).

Dijelaskan JB, sesuai maksud dan tujuan secara nasional, DPD Bapera Kepri dibentuk untuk mewujudkan masyarakat yang profesional. Kemudian berilmu, beriman dan memiliki semangat kebangsaan demi tercapainya Indonesia yang berkeadilan sosial.

Sementara Ketua Dewan Pertimbangan Bapera Kepri, Rizki Faisal, mengatakan, semua element masyarakat dari berbagai latar belakang bisa bergabung di Bepera, dan diharapkan mampu bersinergi serta mengawal perogram pemerintah ke depannya.

Ia optimis, dengan semangat membangun soliditas dan solidaritas, Bapera dapat menjadi organisasi pemersatu bagi organisasi kepemudaan yang ada.

"Bapera Kepri akan membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen pemuda lainnya. Ini akan jadi wadah bersama dalam membangun kualitas pemuda Indonesia yang berkarakter Pancasila dan menguatkan jati diri NKRI," ujar Rizki Faisal.

Diketahui Barisan Pemuda Nusantara atau biasa dikenal dengan sebutan Bapera, merupakan salah satu organisasi masyarakat yang berorientasi pada perjuangan serta pengabdian kepada masyarakat.

Uniknya dalam kepengurusan Ormas Bapera, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto merupakan Ketua Dewan Pembina, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto duduk sebagai Sekretaris Dewan Pembina, dan Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina.

Selain itu, sebagai organisasi masyarakat, Bapera bersifat terbuka, independen dan mandiri serta tidak terikat dengan partai politik manapun. Meski dapat dikatakan sebagai ormas baru, Bapera telah terlibat dalam berbagai kegiatan sosial serta politik yang tersebar luas di berbagai daerah.

Dengan berasaskan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bapera resmi berdiri di Jakarta sejak 19 Mei 2016.

Organisasi masyarakat ini sendiri didirikan oleh Fahd El Fouz Arafiq (Fahd Arafiq) dengan harapan Bapera akan menjadi ormas yang bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.

Editor: Yudha