Uba Ingan Serap Aspirasi Warga Terkait Polemik Lahan di Sei Nayon Bengkong
Oleh : Putra Pamungkas
Senin | 27-02-2023 | 09:52 WIB
001122_uba-sei-nayon-01.jpg
Anggota DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging mendatangi permukiman warga RW 12 Sei Nayon, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Minggu (26/2/2023). (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batan - Anggota DPRD Kepri Uba Ingan Sigalingging mendatangi permukiman warga RW 12 Sei Nayon, Kecamatan Bengkong, Kota Batam, Minggu (26/2/2023). Dalam kunjungannya, Uba mendapati banyaknya keluhan warga setempat terkait polemik lahan di lokasi tersebut.

Warga menyampaikan terima kasih kepada Uba karena telah ikut serta turun ke lapangan dan mendengar banyak keluhan warga terkait polemik permukiman mereka.

Ketua RW 12, Anwar Effendi Dalimunthe, mengatakan, hingga saat ini warga tidak mau direlokasi. Dia harap ada win-win solusi dari pemerintah yang tak merugikan masyarakat.

"Warga bersedia membayar WTO dengan harga yang pantas. Kalau ini tidak ada penyelesaian, kami akan turun aksi dengan massa yang lebih besar," kata Anwar.

Tokoh pemuda setempat, Nurhadi Hasibuan, mengatakan, masyarakat tetap kompak dan tidak terpengaruh dengan isu-isu yang beredar. Warga hanya menginginkan satu hal, yakni hak atas lahan tersebut.

"Sampai saat ini masyarakat tetap dalam keadaan kondusif. Kalau diganggu masyarakat akan lawan," ujarnya.

Ia berharap agar lahan tersebut bisa dikuasai masyarakat dengan legalitas yang jelas, mengingat ribuan warga di Sei Nayon tersebut telah menetap tinggal sejak puluhan tahun lalu.

"Dari tahun 2000 kita berjuang, ini tempat anak cucu saya. Kalau namanya ingin menguasai itu jangan di sini, kami berjuang mati-matian. Pemerintah dengarkanlah. Kami sanggup membayar WTO. Ini menjadi tempat bibit generasi bangsa," tegasnya.

Uba Sigalingging sangat antusias mendengar warga yang semangat menuntut hak mereka di Sei Nayon. Uba pun menyampaikan, negara tidak boleh mengabaikan dan mendiskriminasi warga dalam hak atas permukiman. Uba berharap warga tetap bersatu dalam meuntut haknya.

"Pertama, rasa hormat kepada warga Sei Nayon yang tetap bersatu bersama memperjuangkan hak. Kami hadir untuk memberikan dukungan atas perjuangannya," tegas Uba.

Editor: Gokli