Gubernur Edy Rahmayadi Lantik Pengurus IKABSU Batam Periode 2022-2027
Oleh : Aldy
Sabtu | 04-02-2023 | 09:00 WIB
IKABSU-BTM-Udin.jpg
Pelantikan Ketua dan Pengurus IKABSU Batam periode 2022-2027 di Dataran Engku Putri Batam Center, dihadiri Gubsu Edy Rahmayadi dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, Jumat (3/2/2023). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi secara resmi melantik Ketua dan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kota Batam periode 2022-2027 di Dataran Engku Putri, Batam Center, Jumat (3/2/3/2023) malam.

Dalam sambutannya, Gubernur Edy menyampaikan, Kota Batam memerlukan pemimpin yang cerdas lantaran wilayahnya bersaingan langsung dengan negara Singapura dan Malaysia. Artinya, Batam bersaing dengan negara tetangga, bukan seperti Jakarta, Bandung, dan lainnya.

"Jadi warga Sumut butuh bimbingan-bimbingan pemimpin. Dorong Wali Kota agar Batam menjadi lebih baik. Jangan Wali Kota yang mendorong saudara. Kehadiran warga Sumut di Batam, untuk berkontribusi dalam pembangunan," kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi yang juga mantan Dandim Batam ini mengucapkan selamat kepada Ketua Umum IKABSU dan semua pengurus yang baru saja dilantik. Edy juga mengaku sangat senang bisa berkunjung kembali ke Batam.

"Sudah 38 provinsi di Indonesia saya jalani, Batam ini sangat strategis. Untuk itu Batam harus maju, warga Sumut harus mendukung kemajuan Batam," ujarnya.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi yang hadir dalam acara, berharap pengurus IKABSU harus rela bekerja sosial, terutama menuntaskan tingkat kemiskinan di Kota Batam. "Garis kemisikinan Batam cukup besar. Khusus Batam 705.000 pendapatan sebulan. Turun dari itu, termasuk kemiskinan," kata Rudi.

Dalam kesempatan ini, Rudi memaparkan akan menyelesaikan seluruh jalan utama di Kota Batam. Untuk mengejar pertumbuhan ekonomi 6 hingga 7 persen, infrastruktur harus dibangun. Akses dari satu tempat ke tempat lain harus dipermudah.

"Seluruh jalan di Kota Batam akan dibangun habis, ini demi menyongsong pertumbuhan ekonomi. Karena saya juga ada di BP Batam, kita akan membangun Bandara Hang Nadim tanpa menggunakan APBD, APBN tetapi dengan pihak swasta. Jalan utama ke Bandara akan selesai pada 2023, lima lajur kiri dan kanan," paparnya.

Sementara Ketua Umum IKABSU Batam, Udin P Sihaloho, mengatakan, acara pelantikan dimeriahkan dengan menampilkan para bintang-bintang asal Sumatera Utara, untuk menghibur warga Sumatera Utara. Tak hanya warga Sumut, namun juga menghibur semua warga Kota Batam. Penampilan penyanyi nomor satu di Indonesia saat ini yakni Judika Sihotang dan trio-trio.

"Kita akan memberikan malam indah, sebagai hadiah dari IKABSU untuk warga Batam," ujar Udin.

Diakuinya, Kota Batam yang secara sosial, juga menggambarkan kota yang jadi cermin atau miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai etnis yang ada di Indonesia.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua warga Sumatera Utara di Kota Batam, yang ikut meramaikan acara pelantikan pada malam hari ini. Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada pengurus IKABSU masa periode sebelumnya, pengurus IKABSU yang baru dilantik, serta panitia pelantikan pengurus IKABSU, yang menyiapkan acara yang indah pada malam hari ini," katanya.

Lanjut Udin, keberagamaan suku dan agama, memberikan gambaran bagi wisatawan nusantara dan mancanegara, seperti apa masyarakat Indonesia, bisa dilihat di Kota Batam. Ia berharap keberagamaan dengan kehidupan yang toleran dan sinergis, dapat selalu kita jaga.

"Bhinneka Tunggal Ika, selalu kita jalankan dan rasakan di Batam. Kita sebagai masyarakat juga akan selalu bersinergi dengan pemerintah membangun Batam," lanjutnya.

Udin menuturkan, IKABSU sebagai elemen masyarakat dari berbagai suku dan agama berasal Sumatera Utara di Batam, akan selalu bersama pemerintah, berpartisipasi dalam membangun Batam. Pihaknya siap bergotong royong dalam mewujudkan harapan pembangunan Indonesia yang seutuhnya di Kota Batam.

"Banyak potensi warga Sumatera Utara di berbagai bidang, bisa dimanfaatkan Ibu Wakil Gubernur Kepulauan Riau, bapak Wali Kota Batam, dan pengusaha-pengusaha di Batam, untuk pembangunan," tutupnya.

Editor: Gokli