Diguyur Hujan, Ruas Jalan Depan Kantor Pemko Batam Digenangi Air Berlumpur
Oleh : Paskalis Rianghepat
Rabu | 25-01-2023 | 17:20 WIB
air-berlumpur1.jpg
Banjir menutupi seluruh ruas jalan di depan Kantor Wali Kota Batam, Rabu (25/1/2022). (Foto: Paskalis RH).

BATAMTODAY.COM, Batam - Hujan deras yang melanda Kota Batam beberapa hari terakhir, menyebabkan sejumlah ruas jalan di beberapa wilayah di Kota Batam tergenang banjir. Genangan air atau banjir merupakan hal yang biasa di kala hujan melanda.

Namun, ada pemandangan yang tidak biasa terjadi di depan Kantor Wali Kota Batam dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Batam, tepatnya di ruas jalan dari arah Mesjid Raya Batam Center menuju Jalan Haji Kelana. Di mana, ruas jalan tersebut digenangi banjir lumpur berwarna kecoklatan setinggi mata kaki orang dewasa.

Menurut Simon, salah seorang warga yang melintasi jalan tersebut, kondisi seperti ini baru terjadi akhir-akhir ini.

"Banjir lumpur ini baru terjadi beberapa hari belakangan. Kayanya, air bercampur lumpur itu berasal dari kawasan mesjid Raya Batam Center yang saat ini lagi dalam proses revitalisasi," kata Simon, Rabu (25/1/2023).

Simon mengatakan, kondisi banjir di ruas jalan itu memang sudah lazim tatkala diguyur hujan secara berkepanjangan. Ia mengatakan, saat turun hujan, ketinggian air yang menggenangi ruas jalan dikawasan tersebut mencapai mata kaki orang dewasa.

Air bercampur lumpur yang menggenangi ruas jalan merupakan akibat dari tidak berfungsinya sistem drainase, sehingga luapan air yang berasal dari drainase menutup dan menggenangi ruas jalan itu.

Akibatnya, kata dia, para pengendara terpaksa harus memelankan laju kendaraannya karena genangan air bercampur lumpur menutupi seluruh ruas jalan tersebut.

"Buruknya drainase yang mengakibatkan saluran air tidak lancar sehingga menimbulkan air bercampur lumpur mengalir ke badan jalan sehingga arus lalu lintas menjadi terkendala," ujarnya.

Ia berharap, Pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal ini Dinas terkait segera menanggulangi agar kedepannya tidak terjadi lagi banjir pada saat musim hujan.

"Ruas jalan ini merupakan akses utama ke Pusat Pemerintahan. Disini ada Kantor Wali Kota, Kantor DPRD dan Kejaksaan. Setidaknya haru di benerin lah. Masa di biarkan begitu. Apalagi ini sudah sering kali terjadi banjir kala musim penghujan datang," pungkasnya.

Hingga berita ini dipublish, genangan air bercampur lumpur masih menutupi permukaan jalan tersebut.

Editor: Yudha