Curhat Kamtibmas di Bukit Tempayan, PPK Minta Polisi Standby Jaga TPS pada Pemilu 2024
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 21-01-2023 | 12:04 WIB
Curhat-Kamtibmas-Tempayan.jpg
Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy saat 'Curhat Kamtibmas' di Kelurahan Bukit Tempayan, Jumat (21/1/2023). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batuaji, meminta Polisi bisa menjaga tempat pemungutan suara (TPS) saat Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Hal ini disampaikan dalam 'Curhat Kamtibmas' yang dilaksanakan Polsek Batuaji di Kelurahan Bukit Tempayan pada Jumat (20/1/2023).

Curhat Kamtibmas ini hadiri Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy; Camat Batuaji, Faisal Novrieco; Sekcam Anwaruddin; Lurah Buliang, Lurah Kibing, Lurah Bukit Tempayan, Ketua LPM se-Kecamatan Batuaji; PPK Batuaji; perwakilan Ketua RT/RW se-Kecamatan Batuaji serta perwakilan Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas).

Perwakilan PPK Batuaji meminta saat pemilihan agar dilakukan penekanan kepada petugas yang jaga TPS untuk benar-benar standby sehingga kalau ada permasalahan tidak kebingungan mencari pihak keamanan.

Selain itu, untuk ke depannya perlu dilakukan pemetaan terhadap lokasi TPS sehingga kalau memang personel pengamanan menjaga banyak TPS tidak terlalu jauh.

Kapolsek Batuaji, Kompol Restia Octane Guchy, menyampaikan kegiatan ini merupakan program Kapolresta Barelang dan juga Kapolri, guna mempererat silaturahmi dengan masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, Kompol Guchy mengakui satu petugas kepolisian bisa menjaga 5 TPS sekaligus. Namun demikian, dia meminta petugas PPK yang terpilih merupakan orang-orang lama sudah mahir untuk untuk tetap berkomunikasi dengan petugas kepolisian yang ditunjuk.

"Kita berharap Pemilu 2024 nanti Batuaji bisa aman, jangan sampai terjadi kecurangn dalam pemilihan sehingga terjadinya pemungutan suara ulang (PSU). Ketika dilakukan pergeseran pasukan pimpinan sudah menyampaikan agar anggota bisa standby dan menjaga komunikasi dengan petugas TPS lainnya. Mari kita saling menjaga komunikasi dengan baik. Intinya kita harus semangat," ujar Guchy.

Sementara itu, Asep, warga Genta II, menyampaikan keresahan masyarakat terkait aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang belakangan ini banyak korban. Meski beberapa waktu lalu Polsek Batuaji sudah menangkap 5 orang pelaku curanmor.

"Terima kasih atas kerja sama pihak kepolisian dengan warga ada beberapa pelaku curanmor yang berhasil ditangkap. Kami harapkan para pelaku nantinya bisa diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatan," kata Asep.

Terkait kasus Curanmor, Kompol Guchy mengimbau membuat kunci ganda ke sepeda motor, untuk mencegah terjadinya pemcurian. "Kami selalu mengimbau kepada kita semua untuk tetap menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Batuaji dan tetap selalu waspada," jelasnya.

Kompol Guchy juga menyampaikan rencana program Kapolresta Barelang melaksanakan lomba Siskamling terbaik untuk seluruh Kota Batam. Dia berharap wilayah hukum Batuaji bisa menjadi yang terbaik.

Editor: Gokli