Pengembangan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian

Fakultas Ilmu Kesehatan UNIBA Jalin Kerja Sama dengan Panti Jompo True Love Batam
Oleh : Aldy
Jum\'at | 13-01-2023 | 13:28 WIB
UNIBA-true-love.jpg
Yayasan Panti Jompo True Love Batam menggelar kerja sama dengan Universitas Batam (UNIBA). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yayasan Panti Jompo True Love Batam menggelar kerja sama dengan Universitas Batam (UNIBA) dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta program merdeka belajar kampus.

Kegiatan yang dihadiri langsung Rektor Universitas Batam, Prof Yuliansyah; Warek lll Dr Mohamad Gita Indrawan dan Dekan Ilmu Kesehatan, Isramilda beserta jajaran dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan, Kamis (12/1/2023).

Selain melaksanakan kerja sama antara kedua belah pihak, kegiatan sosial yang dipandu program studi ilmu keperawatan Universitas Batam dan Yayasan True Love yang terletak di Jalan Bumi Perkemahan, Kavling Indah blok A7 nomor 56-57 Kecamatan Nongsa, Kota Batam, diikuti dengan pelbagai kegiatan sosial lainnya.

Ketua Yayasan True Love Batam, Intan Lia Waoma dan Pendeta Wilson Zalogo yang merupakan pembina yayasan menyambut gembira akan kehadiran Uniba yang turut membantu dalam penyuluhan dan pengobatan bagi penghuni lansia di panti jompo tersebut.

Pendeta Zalogo mengatakan, ada sebanyak 29 orangtua yang memiliki berbagai latar belakang yang berbeda menjadi jompo, misalnya orang tua yang tidak memiliki keluarga di Batam. "Ada juga orang tua lansia yang memiliki keluarga, namun tidak ada keluarga yang memiliki waktu untuk mengurusi orangtuanya lantaran pelbagai kesibukan pekerjaan," ujar Zalogo.

Zalogo menjelaskan, sejauh ini hambatan yang dialami adalah kurangnya perhatian terkait kesehatan, maka dengan adanya kerja sama ini pihak pengelolah panti jompo sangat bersyukur, setidaknya kehadiran kampus Uniba terkhusus fakultas ilmu kesehatan akan memberikan kontribusi berupa penyuluhan dan penanganan kesehatan pada orang tua lansia di panti jompo True Love Batam.

"Kami berterimakasih atas perhatian pihak Uniba yang mau menjalin kerja sama dengan pihak Panti Jompo True Love Batam, terkhusus dalam penyuluhan dan penanganan kesehatan bagi para penghuni orang tua lansia di panti jompo," jelas Pendeta Wilson Zalogo.

Humas Uniba, Agus Siswanto, mengatakan ada 4 tahapan yang dilaksanakan oleh pihak kampus Uniba pada kunjungan kasih di panti jompo, selain melaksanakan nota kesepahaman, para mahasiswa ilmu kesehatan yang didampingi para dosen melakukan pemeriksaan kesehatan berupa chek gula dan darah serta chek tensi.

"Usai melakukan chek kesehatan pada penghuni panti jompo para mahasiswa yang tergabung dalam himpunan keperawatan Uniba juga mengajak senam bersama di halaman depan panti jompo tersebut," ujar Agus Siswanto.

Sementara Rektor Uniba, Prof Yuliansyah, menyambut baik kerja sama sosial ini. Bahkan Yuliansyah menegaskan pada para hadirin agar teruslah berbuat kebaikan, sebab manusia tidak bisa menjalani hidup sendiri tentunya pasti membutuhkan bantuan orang lain.

"Mari kita warnai kehidupan ini dengan berbuat baik pada sesama karena sejatinya manusia saling membutuhkan dan mendukung satu sama lain," kata Prof Yuliansyah.

Mengakhiri kegiatan di Panti Jompo True Love Batam ditutup dengan pemberian paket sembako kepada para penghuni panti jompo tersebut.

Editor: Gokli