Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh, Permasa Kepri Gelar Maulid Akbar Hadirkan Abon Arongan
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 27-12-2022 | 08:04 WIB
A-MAULID-TSUNAMI-BATAM_jpg2.jpg
Suasana Maulid Akbar dan doa bersama mengenang 18 tahun Tsunami Aceh di Ponpes Tengku Hambali Nongsa Batam. (Foto: BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bertepatan dengan peristiwa Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004, masyararakat Aceh di Batam menggelar Maulid Akbar & Doa Mengenang 18 Tahun Tsunami Aceh. Kali ini kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Tauthiah Malikussaleh Batu Besar Batam atau lebih di kenal di Ponpes Tengku Hambali.

Maka pada hari Senin, 26 Desember 2022 di Ponpes Tengku Hambali itu pun digelar maulid akbar dan doa bersama. Acara tersebut di mulai sejak sore hari yang diawali dengan serangkaian acara. Yaitu, Santunan Anak Yatim, Zikir atau Likei Maulid Nabi Muhammad SAW, Sholat Magrib berjamah dan di lanjutkan dengan "Zikir Istighasah Qubra" yang di pimpin oleh Tengku H. Zainal Basri S.Ag.

Kemudian, dilanjutkan dengan sholat Insya berjamaah, Kenduri Bersama masyrakat Aceh dan lainnya. Ada juga saritliwah, sholawat atas Nabi Muhammad SAW, serta petuah dari Abon Arongan, ceramah agama dan di akhiri dengan doa penutup.

"Kegiatan ini kita gelar untuk mengenang bencana Tsunami di Aceh dan dipadukan dengan maulid akbar, bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga, diharapkan dari doa doa ini dapat mendamaikan masyarakat Aceh di Aceh dan di Batam," ujar Ketua Permasa (Persatuan Masyarakat Aceh) Kepri, T. Nanggroe kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (27/12/2022).

Hadir dalam kegiatan maulid akbar ini para tokoh masyarakat Aceh di Batam, serta Camat Nongsa Reza Khadafi dan jajarannya, Polsek dan para RT/RW setempat.

Hadir juga jajaran Sirta Kepri, Ketua Permasa Batam, para tamu undangan dan Segenap Pengurus Rayon Permasa di Kota Batam, seluruh warga Aceh, tokoh tokoh di Kota Batam.

Sebagai putra Aceh dan saksi hidup bencana Tsunami, Camat Nongsa Reza Khadafi mengatakan, mari kita dukung program pemerintah Kota Batam dalam mensukseskan pembangunan di Kota Batam.

Sementara itu, mewakili panitia acara dan Pimpinan Ponpes Tauthiah Malikussaleh, Tengku Hambali mengatakan, pihaknya sangat berbangga bahwa acara ini berjalan dengan lancer dan sukses. Terima kasih banyak kepada para donatur, relawan, santri serta tokoh yang telah mendukung acara ini sampai selesai, mari kita pertahankan tempat ibadah ini. Terakhir, terima kepada Abon dan rombongan yang telah jauh jauh datang dari Naggroe Aceh ke Batam.

"Dengan kejadian ini semoga kita orang-orang Aceh semakin kuat dan tabah. Dan kita semakin dekat dengan Allah SWT," ujar Tengku Hambali.

Sementara itu, dalam tausiahnya Tengku H.M Nasir S.Sos I mengatakan, marilah kita tanamkan ketauladanan Nabi Muhammad SAW demi mencapai keberkahan Allah dunia dan akhirat.

Tak lupa, petuah singkat dari ulama Aceh Abon Arongan yang mengajak semua hadirin agar meramaikan tempat pengajian dan pererat tali silaturrahmi.

Editor: Dardani