Kakanwil Kemenkumham Minta Petugas Pemasyarakatan Layani WBP dengan Baik
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 26-12-2022 | 17:08 WIB
kakanwil1.jpg
Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepri, Saffar Muhammad Godam. (Irwan/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kepri, Saffar Muhammad Godam meminta petugas pemasyarakatan untuk melayani WBP dengan baik dalam melaksanakan tugasnya.

"Anggota pemasyarakatan harus bekerja secara profesional, patuhi SOP dan layani WBP dengan baik," ujar Saffar usai memberikan resmisi Natal di Lapas) Kelas IIA Batam, Minggu (25/12/2022) kemarin.

Hal ini juga disampaikan saat memimpin Apel Siaga Natal dan Tahun Baru (Nataru) yang diikuti oleh Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan Se-Kota Batam serta jajaran pejabat struktural Lapas Batam, LPKA Batam, LPP Batam dan Rutan Batam pada Sabtu (24/12/2022) di halaman Lapas Batam.

"Apel Siaga Nataru ini juga dilakukan serentak pada seluruh UPT Pemasyarakatan di Kepri," ujarnya.

Apel Siaga merupakan bentuk komitmen bersama dalam menjaga kelancaran serta antisipasi potensi gangguan keamanan selama perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Ini sebagai wujud mendukung upaya pemerintah menciptakan perayaan Nataru yang kondusif, tertib dan aman pada seluruh sektor kehidupan baik masyarakat maupun pemerintahan terlebih di Lapas/Rutan yang cukup berpotensi untuk terjadinya gangguan kamtib," imbuhnya.

Saffar menghimbau Kepala Satuan Kerja Pemasyarakatan di Kepri untuk memastikan keamanan masing-masing lingkungan kerja atau kantor dengan melakukan pengecekan secara langsung sdan terus menerus.

Selain itu, antisipasi berbagai kejadian kontijensi/darurat/ unpredictable juga menjadi atensi khusus Kakanwil.

"Potensi kerawanan yang patut kita waspadai dan antisipasi selanjutnya adalah kejadian seperti korsleting arus listrik yang dapat menimbulkan kebakaran, warga binaan melarikan diri, dan lain sebagainya harus mampu kita petakan dengan baik sehingga hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi dapat kita hindari," pesannya.

Untuk jam besuk dan penitipan barang dalam Nataru berjalan seperti hari biasanya. Kepala Lapas Kelas IIA Batam, Bawono Ika Sutomo menghimbau kepada keluarga WBP untuk mematuhi protokol kesehatan saat berkunjung di Rutan/Lapas Batam.

"Jam besuk dan penitipan barang seperti biasa Senin sampai Jumat. Tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan," tutup Bawona.

Editor: Yudha